5 Hal Perlu Diperhatikan Saat Parkir Mobil Menanjak atau Menurun, Sudah Tahu Belum?

Annisa Fadhilah
Selasa 19 September 2023, 18:29 WIB
5 Hal Perlu Diperhatikan Saat Parkir Mobil Menanjak atau Menurun, Sudah Tahu Belum?(FOTO: Freepik/wirestock)

5 Hal Perlu Diperhatikan Saat Parkir Mobil Menanjak atau Menurun, Sudah Tahu Belum?(FOTO: Freepik/wirestock)

LABVIRAL.COM - Parkir adalah tahap terakhir dalam proses mengemudi. Bagi kamu yang masih baru dalam mengemudi mobil, parkir seringkali menjadi momok yang menakutkan.

Memarkir secara miring atau sejajar mungkin sudah menjadi hal umum. Namun, situasinya berbeda ketika pengemudi dihadapkan pada kondisi jalan yang curam naik atau turun.

Ada lima hal yang perlu diperhatikan saat berada dalam kondisi jalan menanjak atau menurun. Apa saja? Berikut Labviral.com berikan penjelasannya.

Baca Juga: Daftar Harga Lengkap Toyota Agya 2023, dari Kelas Standar sampai CVT Two Tone

Memastikan tempat parkir tidak berada di titik blind spot

Hal pertama yang harus selalu diperhatikan adalah lokasi parkir. Jika kondisi jalannya menurun dan terdapat tikungan, sebaiknya hindari memarkir mobil pada titik pandang yang terhalangi atau dikenal sebagai blind spot. Tujuannya adalah untuk menghindari penghalangan pandangan jalan yang dapat menyebabkan risiko lebih besar.

Aktifkan rem parkir

Sebelum meninggalkan mobil, pastikan untuk mengaktifkan rem parkir. Tindakan ini penting untuk mencegah kendaraan bergerak mundur atau maju secara tak terduga.

Baca Juga: Harga Terbaru Toyota Venturer Diesel 2023 dan Spesifikasinya, Innova Kelas Ternyaman

Arahkan roda depan ke arah bahu jalan

Tidak kalah penting, pastikan roda depan diarahkan ke arah bahu jalan atau trotoar, dan usahakan agar menyentuhnya. Hal ini akan berguna jika kendaraan tiba-tiba bergerak, trotoar akan bertindak sebagai penghalang untuk mencegah mobil bergerak atau meluncur ke jalan raya.

Jika kondisi jalan menurun atau bagian depan kendaraan mengarah ke bawah, arahkan ban ke arah bahu jalan. Sedangkan jika kondisi jalan naik atau bagian depan kendaraan mengarah ke atas, arahkan ban ke arah jalan raya atau dalam hal ini, bagian belakang ban depan mobil harus tertahan ke trotoar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini