Kenali Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Sebelum Manjat dan Kotor-kotoran

Annisa Fadhilah
Kamis 21 September 2023, 14:39 WIB
Kenali Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Sebelum Manjat dan Kotor-kotoran (FOTO: Freepik)

Kenali Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Sebelum Manjat dan Kotor-kotoran (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Dari berbagai jenis sepeda motor yang tersedia di Indonesia saat ini, dapat dikatakan bahwa mengemudikan motor trail adalah yang paling menantang.

Hal ini disebabkan oleh tingginya ground clearance atau jarak antara motor dan permukaan tanah pada jenis ini, sehingga tak semua orang dapat menjangkau tanah dengan kedua kakinya secara optimal.

Oleh karena itu, untuk mengendarai motor trail dengan benar, diperlukan beberapa teknik dasar agar keseimbangan pengendara tetap terjaga dengan baik selama perjalanan.

Baca Juga: Viral, Pengendara Mobil Lolos dari Operasi Polisi dengan Membaca Doa Bepergian

Lalu, apa saja teknik dasar mengendarai motor trail? Berikut Labviral.com berikan teknik-teknik dasar dalam mengendarai motor trail yang harus diketahui.

Teknik dasar menaiki motor trail

Ketika kamu akan menaiki motor trail, kamu dapat mulai dengan mempertahankan posisi standar yang sedikit miring, lalu kaki kiri dapat segera menapakkan kaki di step sebelah kiri.

Setelah itu, badan seharusnya berada dalam posisi berdiri seperti saat naik tangga, dan kaki kanan digunakan untuk melangkahi jok hingga menapak pada step sebelah kanan.

Teknik posisi duduk

Saat mengendarai motor trail, pastikan bahwa posisi duduk kamu berada tepat di tengah. Hal ini dikarenakan titik berat motor trail terletak di bagian tersebut. Dengan posisi duduk yang benar, keseimbangan akan lebih terjaga.

Baca Juga: Biar Gak Celaka, Ini 5 Tips Aman Freestyle Motor bagi Pemula

Teknik mengendarai saat melewati jalan berbatu

Jika kamu akan melintasi jalan berbatu atau jalan dengan permukaan yang tidak rata, sangat disarankan untuk mengemudikannya sambil berdiri. Teknik ini perlu diterapkan karena saat kamu melintasi jalan yang tidak rata, titik berat dari motor juga berpindah pada kaki kamu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini