Isi Bensin Terlalu Penuh Bisa Timbulkan Efek Negatif Lho, Begini Penjelasannya

Yowan R
Kamis 21 September 2023, 16:41 WIB
ilustrasi isi bensin di SPBU. (Sumber : ilham nur ramadhan)

ilustrasi isi bensin di SPBU. (Sumber : ilham nur ramadhan)

LABVIRAL.COM - Tak sedikit para pengendara sepeda motor atau mobil yang lebih memilih untuk mengisi bensin motornya hingga penuh atau full tank dengan tujuan agar tidak sering bolak-balik ke SPBU.

Meskipun kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang salah, namun ada resikonya tersendiri, yaitu bensin terlalu penuh bahkan bisa meluber kebagian bagasi. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya jika tidak dilakukan secara hati-hati.

Mengisi bensin terlalu penuh juga bisa membuat kamu menjadi rugi, karena bensin bisa berceceran dan terbuang sia-sia.

Lalu, efek negatif apa saja yang dapat terjadi saat pengisian bahan bakar terlalu penuh hingga keluar dari tangki?

1. Memicu terjadinya kebakaran

Seperti yang kita tahu, bensin merupakan sebuah cairan yang mudah terbakar. Karena itu, banyak aturan yang diterapkan SPBU agar terhindar dari risiko terjadinya kebakaran.

Saat melakukan pengisian bahan bakar baik itu oleh petugas SPBU atau diri sendiri, pastikan untuk tidak meluber hingga keluar tangki. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko terjadinya kebakaran jika ada bensin yang menetes hingga keluar dan menjadi terbakar karena ada pemicu api di sekitarnya.

Sangat disarankan untuk melakukan pengisian bahan bakar penuh hanya di batas aman, yang bisa kamu lihat pada mulut tangki, Usahakan bensin rata dengan lubang tangki di bagian bawah.

2. Bensin berisiko menguap

Selain mudah terbakar, bensin juga memiliki sifat yang mudah menguap jika terkena panas. Saat bensin diisi terlalu penuh dan kendaraan digunakan melewati jalan yang tidak mulus, maka bensin berpotensi tumpah dan menguap.

3. Bensin terbuang percuma karena kurang ruang udara

Mengisi tangki dengan bensin yang terlalu penuh menyebabkan tekanan bensin saat mengembang berkurang karena tidak ada udara. Karena bensin membutuhkan udara untuk sirkulasi, jadi setiap tangki pasti dilengkapi dengan lubang hawa.

Lubang hawa ini yang berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan bahan bakar di dalam tangki. Nah, saat bensin diisi terlalu penuh, gas yang dihasilkan dari ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang dan menyebabkan bensin terbuang percuma.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Tips Aman Isi Bensin di SPBU

Jumat 31 Maret 2023, 00:58 WIB
Tips Aman Isi Bensin di SPBU
Berita Terkini