Jangan Lagi Isi Bensin Full Tank Sampe Tumpeh-tumpeh

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 09:55 WIB
BBM menjadi 'makanan wajib' pemilik motor.

BBM menjadi 'makanan wajib' pemilik motor.

LABVIRAL.COM, BBM menjadi 'makanan wajib' pemilik motor. Umumnya pemilik motor akan mengisi penuh alias full-tank saat mengisi di pom. Tujuannya supaya tidak bolak-balik mengisi. Apalagi bagi yang akan menempuh perjalanan jauh.

Namun, selama ini ada mitos yang berkembang dan terlanjur dipercaya. Mitos tersebut menyebutkan untuk tidak mengisi bahan bakar sampai penuh alias full tank. Alasannya karena hal tersebut bisa menghambat sirkulasi udara yang ada pada tangki bensin. Dan  akan menimbulkan suatu masalah.

Baca Juga: Aturan BBM B35 Bakal Segera Diimplementasikan, Sejalan dengan Euro 4

Tapi, benarkah?

Dilansir dari wahanahonda, sesungguhnya pada tangki bahan bakar, sudah ada sistem breather valve yang bisa mengatur sirkulasi udara, jadi tidak masalah kalau mau isi penuh

Mengisi  bahan bakar boleh sampai penuh, namun sebaiknya jangan sampai meluber. Karena hal ini bisa berbahaya. Bensin merupakan bahan yang mudah terbakar, khawatir  jika luber bisa tercipta api dari cairan yang keluar. Selain itu, cat  motor bisa juga rusak karenanya. 

Baca Juga: Ini Penyebab BBM Boros dan Tarikan Mesin Mobilmu Jadi Loyo

Sebetulnya,  tidak ada batas atau indikator spesifik yang menyatakan penuhnya tangki bahan bakar. Selama tidak sampai tumpah, boleh dilakukan. Dan jangan biarkan bensin kurang dari satu per empat pada tangki. 

Tujuannya, agar menciptakan rasa aman ketika berkendara, tidak khawatir bensin akan habis. Selain itu, bisa mengurangi kondensasi dari udara yang ada di dalam tangki.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini