Ini Penyebab BBM Boros dan Tarikan Mesin Mobilmu Jadi Loyo

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:36 WIB
Cari tahu penyebabnya dengan benar

Cari tahu penyebabnya dengan benar

LABVIRAL.COM, Kamu merasakan, gak, kalau performa mobilmu menurun? Juga terasa boros bahan bakar minyak (BBM). Jika tengah merasakan hal tersebut, tak ada salahnya mengecek kondisi pada ruang bakar.

Bisa jadi di sana terdapat kerak karbon. Kerak karbon yang menumpuk pada ruang bakar akan membuat performa mesin semakin menurun. Dampaknya bisa membuat konsumsi BBM menjadi boros dan sering terjadi ngelitik atau knocking.

Jika penumpukan kerak ini dibiarkan terus menerus, maka bisa saja merusak komponen mesin yang lainnya. Tentunya sebelum dampak buruk ini semakin parah, maka perlu mengatasi masalah penumpukan keraknya.

Baca Juga: Motor Sport Retro Modern Irit BBM dari Benelli, Jadi Pingin Beli?

Cari Tahu Penyebab Kerak Karbon Pada Mesin Kendaraan

Dilansir dari daihatsu.co.id, risiko penumpukan kerak karbon memang bukanlah hal yang baru. Bahkan hal ini sangat umum terjadi. 

Penggunaan bahan bakar menjadi hal utama penumpukan kerak mesin dapat terjadi. Munculnya kerak ini bisa terjadi karena kurangnya pasokan udara pada ruang bakar.

Selain itu juga bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai, atau bahan bakar dengan kualitas yang buruk. 

Penyebab dari kemunculan kerak ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Ketahui apa saja penyebabnya di bawah ini:

Baca Juga: Cara Setel Karbu Motor Supaya Irit tapi Bertenaga

1. Akibat Sisa Proses Pembakaran

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini