Apa yang Terjadi Jika Motor Terlambat Ganti Kampas Rem?

Yowan R
Senin 25 September 2023, 17:43 WIB
Ilustrasi rem cakram dan rem tromol pada sepda motor (Sumber : Labviral.com)

Ilustrasi rem cakram dan rem tromol pada sepda motor (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor, rem menjadi salah satu komponen penting yang wajib ada. Sebab, rem berfungsi sebagai pengurang laju sepeda motor saat deselerasi. Karena itu, rem sepeda motor perlu mendapatkan perhatian khusus.

Rem pada sepeda motor sendiri, tentu saja memiliki beberapa komponen, salah satunya adalah kampas rem. Kampas rem ini menjadi salah satu komponen kampas yang harus mendapatkan perhatian khusus. Sebab, saat kampas rem habis dan telat melakukan penggantian, efeknya akan sangat berbahaya.

Rem yang sering digunakan pada sepeda motor sendiri ada dua jenis, yaitu tromol dan cakram. Jika pada rem tromol, penggantian kampas rem yang telat dilakukan dan hal tersebut sering dilakukan tentu saja akan berdampak pada komponen tromolnya.

Tromol akan menjadi lebih cepat aus, hal ini akan membuat rem menjadi tidak pakem meskipun kampas remnya telah diganti. Sebab, jarak antara permukaan kampas dengan tromol menjadi lebih jauh.

Sementara itu, pada rem cakram yang kampas remnya telat diganti, piringan cakram menjadi lebih cepat tergerus dan baret.  Jika baretnya sudah terlalu parah, maka pengereman menjadi tidak pakem meskipun kampas remnya sudah diganti dengan yang baru.

Sebab, saat tuas rem ditarik, penjepitan yang dilakukan oleh kampas rem ke piringan cakram menjadi kurang sempurna. Hal ini terjadi karena permukaan piringan tidak rata dan menjadi kasar. Jadi, saat pengereman asbes pada kampas rem tergerus lebih keras dan kampas rem otomatis menjadi lebih boros.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini