9 Tips Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Tahan Lama dan Tidak Buram

Annisa Fadhilah
Senin 18 September 2023, 19:10 WIB
9 Tips Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Tahan Lama dan Tidak Buram (FOTO: Freepik/pressfoto)

9 Tips Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet, Tahan Lama dan Tidak Buram (FOTO: Freepik/pressfoto)

LABVIRAL.COM - Lampu rem adalah salah satu elemen krusial dalam menjaga keselamatan berlalu lintas serta meningkatkan visibilitas bagi pengendara lain, terutama dalam situasi cuaca buruk atau saat berkendara malam hari.

Namun dari waktu ke waktu, lampu ini dapat mengalami kerusakan atau redup. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor usia atau kurangnya perawatan yang optimal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa tips agar umur lampu rem dapat lebih awet.

Tips lampu rem lebih tahan lama

Berikut Labviral.com menjelaskannya untuk kamu, beberapa langkah yang bisa diambil untuk memastikan lampu rem tetap dalam kondisi baik dan tahan lama:

Baca Juga: Guide Lengkap Black Clover M: Rise of the Wizard King, Combat System dan Tips yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Jadi Penyihir Hebat

Pakai lampu rem orisinal

Menggunakan lampu rem orisinal, yaitu sparepart resmi dari pabrikan motor, sangat penting untuk memastikan daya tahan lampu rem. Lampu orisinal telah dirancang dan diproduksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pabrikan.

Sebaliknya, lampu yang tidak orisinal atau berkualitas rendah bisa membuat lampu lebih cepat rusak dan tidak memberikan pencahayaan yang memadai. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli lampu dari toko sparepart resmi.

Hindari modifikasi lampu yang tidak sesuai standar

Kadang-kadang, pengendara ingin memodifikasi tampilan kendaraannya, termasuk mengganti komponen lampu agar tampak lebih terang. Namun, hal ini dapat menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan motor dan berpotensi merusak lampu.

Baca Juga: Panduan Monster Hunter Now untuk Pemula: 5 Tips dan Trik agar Kamu Bisa Bermain Maksimal dan Efektif Untuk Menjadi Hunter Terbaik

Misalnya, penggunaan lampu rem yang lebih terang dengan daya yang lebih besar dapat membebani sistem kelistrikan dan menyebabkan aki cepat habis atau bahkan rusak. Oleh karena itu, selalu patuhi spesifikasi lampu yang direkomendasikan oleh pabrikan motor.

Hindari berkendara cepat di jalan berlubang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini