Yang Belum Bisa Parkir Paralel, Mari Merapat!

Aci
Senin 20 Maret 2023, 14:33 WIB
Ilustrasi parkir mobil secara paralel (Sumber : Toyota Astra Motor)

Ilustrasi parkir mobil secara paralel (Sumber : Toyota Astra Motor)

LABVIRAL.COM, Urusan parkir memarkir mobil memang terkadang dirasa cukup sulit, terutama bagi pemula, terlebih saat kamu harus memarkirkan mobil secara paralel.

Parkir mobil paralel biasanya terpaksa dilakukan seseorang saat ia kehabisan ruang parkir di suatu tempat, seperti parkiran mall, atau juga parkiran bandara.

Teknik memarkir dengan cara paralel, tentu saja berbeda dengan cara parkir maju, ataupun mundur. Pada dasarnya, setiap model parkir mempunyai teknik masing-masing.

Baca Juga: Tips Merawat Knalpot Mobil Agar Bebas Karat

Kali ini, Labviral.com, punya trik parkir paralel yang cukup mudah, terutama untuk kamu para pemula yang masih takut-takut memarkirkan mobil. Yuk, disimak ya!

Parkir paralel

  • Untuk memarkirkan mobil dengan posisi paralel, mari kita berilustrasi kamu akan masuk di tengah-tengah antara mobil yang terparkir, karena ini adalah parkir paralel tersulit.
  • Pertama, kamu harus membuat mobil kamu sejajar dengan mobil yang sudah terparkir. Untuk mengukur sejajar atau tidaknya, caranya adalah menyamakan kaca spion mobil.
  • Bila mobil kamu lebih besar, maka ukur spion mobil terparkir sejajar dengan setir mobil. Tetapi jika mobil kamu lebih kecil, maka mengukurnya dengan memposisikan spion mobil kamu berada di tengah antara bangku dan stir.
  • Jika sudah sejajar, kamu boleh memutar stir sebanyak 45 derajat, sehingga membentuk sudut. Lalu, memutar stir sebanyak 2 kali, dan perlahan mundur.
  • Jika posisi mobil sudah menyerong lurus, kamu dapat meluruskan stir kembali, lalu mundur perlahan. Saat posisi belakang mobil sudah akan memasuki ruang parkir, kamu dapat membelokan stir ke kanan, dan perlahan mundur. Saat sudah seperti ini, kamu hanya perlu memastikan posisi mobil sudah pas untuk diparkirkan.

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Shockbreaker Motor Lebih Awet!

Itu dia cara memarkirkan mobil dengan teknik paralel, untuk kamu para pemula. Ingat untuk tetap selalu hati-hati dan waspada, ya. Semoga bermanfaat.[]

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini