Sebelum Ditinggal Liburan Lakukan Cara Ini Supaya Aki Motor Nggak Tekor!

Yowan R
Senin 20 Maret 2023, 10:15 WIB
Ilustrasi penjemperan aki motor (Sumber : youtube.com/Irfanirvan22)

Ilustrasi penjemperan aki motor (Sumber : youtube.com/Irfanirvan22)

LABVIRAL.COM - Banyak pemilik sepeda motor yang mengeluhkan tentang aki motornya yang tiba-tiba tekor gegara ditinggal liburan. Hal ini memang seringkali terjadi, karena motor yang ditinggal sudah pasti jarang dipanasi.

Karena itu, sebaiknya lakukan tindakan untuk mencegah supaya aki motor tidak tekor saat ditinggal lama.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama supaya akinya nggak tekor adalah melepas salah satu terminal aki, bisa terminal positif (+)  dengan kabel merah atau terminal negatif (-) yang biasanya menggunakan kabel hijau atau hitam.

Baca Juga: Aki Motor Tidak Mengisi? Ternyata Ini Sebabnya

Tujuan melepas salah satu terminal aki adalah mencegah arus listrik aki tersedot terus menerus oleh komponen kelistrikan lainnya selama terparkir dan tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Setelah salah satu terminal aki dilepas, pastikan juga motor dalam kondisi bersih sebelum ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Meninggalkan motor dalam kondisi bersih ini memiliki banyak keuntungan, salah satu diantaranya adalah mencegah terjadinya korosi pada komponen motor.

Baca Juga: Yuk! Cari Tahu Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Cara selanjutnya adalah isi penuh tangki bahan bakar motor sebelum ditinggal liburan. Hal ini berfungsi untuk mencegah terjadinya karat pada tangki motor karena bensin yang menguap.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini