Penyebab Pasti Pertigaan Jalan Rawan Kecelakaan

Aci
Senin 20 Maret 2023, 14:57 WIB
Ilustrasi pengguna jalan di pertigaan (Sumber : INSTAGRAM/muhammad.maulanakbar)

Ilustrasi pengguna jalan di pertigaan (Sumber : INSTAGRAM/muhammad.maulanakbar)

LABVIRAL.COM - Tak ada yang bertanggung jawab atas keselamatanmu saat berkendara di jalan, selain dirimu sendiri. Untuk itu, penting sekali untuk kamu mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pengemudi saat berkendara, demi kebaikanmu dan kebaikan semua di sekitarmu.

Kecelakaan memang dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari kerusakan pada kendaraan, pengemudi yang tidak kompeten sampai dengan kondisi jalanan itu sendiri. 

Kondisi jalan, rupanya ini menjadi salah faktor utama penyebab kecelakaan, lho! Memangnya kondisi jalan yang seperti apa yang menjadi tempat rawan kecelakaan berkendara?

Baca Juga: Ban Pecah Saat Melaju, Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Agar Terhindar dari Kecelakaan

Berikut Labviral.com, jelaskan untuk kamu, kondisi rawan kecelakaan dan faktor utamanya. Yap, kondisi jalan pertigaan, misalnya, rawan sekali terjadi kecelakaan. Karena pada jalan tiga arah atau pertigaan, pandangan pengendara akan terasa jauh lebih sedikit karena terhalang tembok atau masing-masing arah pertigaan jalur tersebut.

Pandangan yang terhalang, membuat tingkat kewaspadaan pengendara motor akan bahaya menjadi berkurang. Alhasil, saat keluar dari pertigaan, ada kemungkinan ditabrak kendaraan dari sisi lain blind spot tersebut.

Kecelakaan yang kerap kali terjadi di pertigaan, sebenarnya faktor terbesarnya ialah karena manusianya sendiri, atau human error.

Minimnya keterampilan berkendara, atau terlalu menyepelekan aturan-aturan berkendara juga menambah sebab terjadinya kecelakaan, terutama di pertigaan jalan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Klaim Asuransi Agar Tidak Ditolak Ketika Mobil Rusak Karena Kecelakaan

Untuk itu, saat berkendara kamu wajib memiliki keterampilan serta mengetahui etika berkendara, dan terus mengasah skill danger prediction demi mengantisipasi bahaya kecelakaan.

Ketika memiliki kemampuan danger prediction, kamu dapat melihat pertigaan sebagai satu pola bahaya. Maka dengan sendirinya saat melewati pertigaan, kamu akan melakukan pengecekan keselamatan lebih dulu seperti menyalakan sein 30 meter sebelum berhenti di tempat yang aman di ujung jalan pertigaan. Menengok ke kanan dan ke kiri memastikan ada tidaknya kendaraan yang lewat, baru memutuskan membelok, adalah cara paling aman untuk menghindari kecelakaan.

Nah bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki kemampuan danger prediction?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini