Masih Banyak yang Tidak Paham, Ini Arti Tanda Segitiga Kecil di Ban Motor!

Yowan R
Senin 20 Maret 2023, 20:09 WIB
Ilustrasi tanda segitiga kecil yang menunjukan TWI ban motor (Sumber : youtube.com/DSM Project)

Ilustrasi tanda segitiga kecil yang menunjukan TWI ban motor (Sumber : youtube.com/DSM Project)

LABVIRAL.COM - Tanda segitiga kecil yang terletak pada ban sepeda motor ini sebenarnya memiliki fungsi yang penting. Namun, masih banyak pemilik dan pengendara motor yang belum tahu fungsinya.

Kebanyakan, untuk mengetahui kondisi ban motor masih tebal atau sudah tipis pasti dilihat dari kedalaman alur atau kembangan ban.

Tapi, sebenarnya cara tersebut tidaklah efektif untuk mengetahui kondisi ban motor masih layak digunakan atau sudah harus diganti.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Baru Tapi Masih Licin

Cara tercepat dan tepat untuk mengetahui kondisi ban motor ini adalah melihat tanda segitiga kecil yang terletak di bagian samping ban. Tanda segitiga kecil ini bahkan sering disebut dengan istilah TWI (Tread Wear Indicator).

Secara teknis TWI (Tread Wear Indicator) ini berfungsi untuk mengetahui ban motor masih dalam batas aman digunakan atau tidak.

Cara membaca TWI ini adalah dengan melihat permukaan ban. Jika permukaan ban sudah aus maka bisa diindikasikan dengan tanda segitiga kecil yang sudah tersentuh permukaan ban.

Baca Juga: Waktu Terbaik Isi Angin Ban Motor, Simak Penjelasannya!

Saat permukaan ban sudah menyentuh tanda segitiga kecil yang terletak pada dinding ban, artinya ban motor sudah harus diganti dengan yang baru.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini