Cop Busi Motor Injeksi Berbeda dengan Motor Karburator, Ini Ciri-Cirinya!

Yowan R
Selasa 21 Maret 2023, 15:06 WIB
Ilustrasi cop busi injeksi dan karbu (Sumber : youtube/RA17 channel)

Ilustrasi cop busi injeksi dan karbu (Sumber : youtube/RA17 channel)

LABVIRAL.COM - Cop busi yang digunakan pada sepeda motor memiliki beberapa fungsi seperti melindungi busi dari kotoran dan air saat dikendarai dan menyalurkan arus listrik dari kabel koil menuju busi.

Seiring dengan pemakaiannya, cop busi sepeda motor ini tentunya akan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut biasanya seperti karet busi yang pecah dan kawat pengait busi yang berada di dalam lepas.

Jika sudah mengalami kerusakan tersebut, mau tidak mau cop busi harus diganti dengan yang baru agar motor tidak mengalami masalah saat dikendarai.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Kerja Busi yang Harus Diketahui, Jangan Abai Ya!

Namun, saat mengganti cop busi sepeda motor, ternyata tidak bisa asal-asalan. Karena, tiap jenis sistem pengabutan bahan bakar memiliki cop busi yang berbeda jenis.

Jika dilihat dari penampilannya, memang cop busi yang digunakan pada motor karburator dengan cop busi yang digunakan pada motor injeksi tidak terlihat perbedaannya.

Tapi, masih banyak para pemilik sepeda motor yang salah dalam mengganti cop busi motor mereka. Contohnya pada sepeda motor dengan merek dan model sama namun memiliki spek yang berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Ini Membuatmu Mengubah Cara Membersihkan Busi Motor

Seperti pada Honda BeAT, Honda Vario, Honda Scoopy, Yamaha Mio, Mio Fino, Honda Supra X 125 dan masih banyak lagi motor yang memang memiliki versi injeksi dan karburator.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini