5 Cara Ini Membuatmu Mengubah Cara Membersihkan Busi Motor

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 14 Maret 2023, 21:09 WIB
Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem perapian kendaraan, salah satunya ialah kendaraan sepeda motor

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem perapian kendaraan, salah satunya ialah kendaraan sepeda motor

LABVIRAL.COM, Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem perapian kendaraan, salah satunya ialah kendaraan sepeda motor. Tahukah riders bahwa busi pada motor harus sering dibersihkan? Karena ketika bagian kepala busi sudah hitam dan dipenuhi dengan sisa-sisa arang pembakarannya dapat menyebabkan elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik, yang membuat motor kita sulit untuk dihidupkan loh riders.

Cara membersihkan busi motor yang benar dan tepat sangatlah mudah. Riders dapat membersihkan busi motor sendiri tanpa perlu pergi ke bengkel. Selain menghemat waktu  juga dapat menghemat biaya lho.

Berikut ini beberapa tips membersihkan busi motor yang benar agar bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Sayang Motor, Ini 4 Rekomendasi Busi Terbaik untuk Motormu

1. Jangan gunakan amplas

Banyak orang yang membersihkan kepala busi dengan menggunakan amplas. Ternyata menggunakan cara tersebut merupakan kesalahan besar riders. Pasalnya, menggosok kepala busi dengan amplas dapat membuat lapisan elektroda dan toraknya menjadi tipis, sehingga jarak kepala busi dengan elektrodanya menjadi renggang.

Perlu diketahui nih riders bahwa sudut dalam busi merupakan bagian penting, karena berfungsi sebagai penghantar listrik. Jangan sampai ingin menghilangkan kerak, justru malah akan menghilangkan sudut pada center elektroda.

2. Jangan rendam kedalam bensin atau minyak tanah

Supaya kotoran dapat cepat terlepas, banyak mekanik bengkel merendam busi ke dalam bensin atau minyak tanah. Padahal cara tersebut sangat tidak tepat, karena zat yang ada di dalam bensin atau minyak tanah akan memicu munculnya kotoran pada busi.

Cara tersebut juga dapat merusak talc ring seal yang ada di dalam busi loh riders, dimana fungsi kompnen ini sangat penting untuk menjaga kompresi dalam mesin agar tidak bocor melalui busi.

Baca Juga: Lagi Cari Busi Mobil yang Bagus? Ini 4 Rekomendasi Busi Mobil Harga Termurah

3. Gunakan sikat kawat atau kain halus

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini