Komponen Ini Jadi Kunci Utama Saat Motor Mogok di Musim Hujan, Segera Ganti Jika Rusak!

Yowan R
Selasa 21 Maret 2023, 15:11 WIB
Ilustrasi cop busi sepeda  motor (Sumber : lazada.co.id)

Ilustrasi cop busi sepeda motor (Sumber : lazada.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat musim penghujan, pengendara sepeda motor wajib mempersiapkan motornya dengan ekstra. Salah satunya adalah melakukan perawatan berkala dan penggantian komponen yang dirasa sudah tidak layak pakai.

Komponen sepeda motor yang sudah tidak layak pakai tentu meningkatkan risiko motor mogok dijalan saat menerjang hujan.

Contohnya adalah komponen kelistrikan seperti cop busi motor yang sering mengakibatkan motor mogok saat menerjang hujan.

Baca Juga: Biar Nggak Gampang Mogok, Begini Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan!

meskipun terdengar sepele, cop busi ini memiliki peran yang penting yang tentunya wajib untuk diperhatikan kondisinya. Apalagi pada motor-motor yang sudah berumur, cop busi harus diperhatikan kondisinya dan segera diganti jika menunjukan adanya masalah.

Fungsi cop busi sendiri adalah melindungi busi dari kotoran dan air saat motor dikendarai. Karena itu, saat cop busi bermasalah seperti rusak maka cop busi tidak mampu lagi melindungi secara optimal dan menimbulkan masalah pada mesin.

Kerusakan yang dialami cop busi ini biasanya seperti cop yang sudah mulai getas, muncul retakan atau kawat di dalam cop busi sudah lepas.

Baca Juga: 5 Komponen Penyebab Motor Brebet saat Hujan Deras, Sering Bikin Mogok

Saat kawat di dalam cop busi lepas, maka listrik tidak bisa dialirkan menuju busi dan otomatis mesin motor tidak bisa dihidupkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini