Musim Hujan Gini Jangan Asal Pilih Ban Kalau Nggak Mau Celaka, Begini Tipsnya!

Yowan R
Rabu 22 Maret 2023, 10:07 WIB
Ilustrasi berbagai macam ban motor (Sumber : irctire.co.id)

Ilustrasi berbagai macam ban motor (Sumber : irctire.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat musim penghujan, jalanan otomatis akan berubah menjadi lebih licin. Sehingga menuntut para pengendara motor harus ekstra hati-hati saat mengendarai sepeda motor.

Selain harus lebih berhati-hati saat berkendara, para pengendara motor juga harus lebih teliti dan sigap di jalanan yang licin. Selain itu, penggunaan ban motor juga perlu diperhatikan.

Usahakan menggunakan ban motor yang cocok digunakan di jalanan yang licin akibat hujan supaya lebih menjamin keselamatan karena ban lebih mampu mencengkram aspal sehingga tidak mudah tergelincir.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Baru Tapi Masih Licin

Pastikan tidak menggunakan ban dengan jenis kembangan khusus jalan kering, seperti kembangan yang minimalis atau bahkan slick (ban balap). Baik itu model tube type (dengan ban dalam) atau tubeless (tanpa ban dalam).

Selain jenis ban, perhatikan juga bagian permukaan ban, karena umumnya setiap ban tertulis kegunaan di kondisi yang seperti apa misalnya, seperti wet (basah), dry (kering), atau wet & dry (basah dan kering).

Saat menghadapi musim hujan, ban yang bisa digunakan adalah ban tipe wet. Atau, jika tidak ingin gonta-ganti ban dalam waktu yang lama, gunakanlah ban motor untuk segala musim atau tipe ban wet & dry.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

Pilihan ban dengan kembangan atau motif rapat. Sebab, motif pada ban berguna untuk memecah air ketika sepeda motor menerjang genangan air akibat hujan. Jadi, motor bisa tetap stabil jika melewati genangan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini