Biar Ban Motor Nggak Cepat Retak, Berikut Tipsnya!

Yowan R
Kamis 23 Maret 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi penyemiran ban sepeda motor (Sumber : indotrading.com)

Ilustrasi penyemiran ban sepeda motor (Sumber : indotrading.com)

LABVIRAL.COM - Sama halnya dengan komponen-komponen lainnya yang terdapat pada sepeda motor, ban sepeda motor juga perlu dirawat supaya usia pakainya lebih panjang dan ban motor tidak cepat retak.

Mengingat ban motor merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, makan perawatan juga perlu dilakukan. Sayangnya, masih banyak pemilik sepeda motor yang mengabaikan perawatan pada komponen satu ini dan menganggapnya sepele.

Baca Juga: Tips Merawat Ban Tubeless Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Padahal, ban motor yang jarang dirawat mengakibatkan usia pakainya lebih pendek dan membuat ban motor menjadi mudah retak. Mungkin retakan halus pada ban motor jenis tube type tidak akan terlalu berpengaruh pada fungsinya, hanya saja akan mengurangi nilai estetika ban.

Tapi jika retakannya terjadi pada ban motor jenis tubeless, efek negatif seperti ban sering kurang angin atau bahkan ban tidak bisa menyimpan angin. Tentunya, hal ini akan sangat merepotkan pemilik karena harus mengeluarkan biaya untuk mengganti ban.

Karena itu, penting sekali untuk merawat dan memperhatikan kondisi ban supaya tetap awet dan tidak mudah retak.

Kali ini Rodanesia.com akan memberikan beberapa tips untuk merawat ban motor agar tidak cepat retak.

1. Memastikan Tekanan Udara pada Ban

Memeriksa tekanan udara dalam ban menjadi salah satu hal yang penting pada perawatan ban. Dengan memeriksa tekanan udara pada ban akan membantu pengendara untuk mengetahui tekanan angin ban.

Karena, ban yang kurang angin sangat bahaya dan menyebabkan ban motor mudah bocor, permukaan ban retak dan menjadi pemicu untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini