Begini Tips Parkir Mobil yang Benar di Jalan Menanjak, Awas Mundur Yess!

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 12:17 WIB
Bukan rahasia lagi bahwa memarkirkan kendaraan menjadi salah satu hal yang cukup sulit dikuasai. Apalagi jika harus memarkirkan mobil di jalan yang menanjak

Bukan rahasia lagi bahwa memarkirkan kendaraan menjadi salah satu hal yang cukup sulit dikuasai. Apalagi jika harus memarkirkan mobil di jalan yang menanjak

LABVIRAL.COM, Mengendarai mobil bukan hanya perkara bisa menjalankan mobil itu sendiri. Pengemudi juga harus menguasai bagaimana cara memarkirkan kendaraannya. Bukan rahasia lagi bahwa memarkirkan kendaraan menjadi salah satu hal yang cukup sulit dikuasai. Apalagi jika harus memarkirkan mobil di jalan yang menanjak.

Bila Anda melakukan sembarangan saat memarkir, bisa dimungkinkan mobil akan meluncur. Ini akan dapat mengenai benda apa saja di bawahnya atau bahkan yang lebih berbahaya lainnya. Untuk itu perlu adanya tindakan preventif agar mobil tidak mundur, salah satunya yakni memasukkan gigi satu atau mundur.

Berikut tips memarkir mobil di tanjakan. Biar Anda tenang dan mobil mu tetap aman.

1. Jangan lupa aktifkan rem tangan

Pertama, Anda perlu mengatur posisi parkir dengan rapih di bagian kiri jalan. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kendaraan lain yang ingin mengambil bagian kanan untuk mendahului. Kemudian, akitfkan rem tangan. Pastikan Anda sudah menarik rem tangan agar mobil tidak bergerak maju atau mundur.

Baca Juga: Yang Belum Bisa Parkir Paralel, Mari Merapat!

2. Posisikan ban depan ke arah bahu jalan atau trotoar

Saat mobil diparkirkan dalam keadaan menanjak, mobil terkadang akan bergerak ke bawah secara perlahan. Untuk menghindari hal tersebut, arahkan ban depan mobil ke bahu jalan atau trotoar. Melakukan cara ini bisa membuat ban mobil tertahan di bahu jalan ataupun trotoar. Dengan begitu, peluang mobil untuk bergerak ke bawah bisa diminimalisasi.

3. Masukan gigi pada mobil

Kalau yang satu ini cocok dilakukan untuk mobil yang transmisi bertipe manual. Saat mobil diparkir dalam posisi menanjak, maka harus memasukkan gigi 1 pada mobil. Cara ini dilakukan agar roda bisa lebih terkunci saat terparkir dalam keadaan menanjak.

Cara ini hampir sama saat hendak memarkirkan mobil manual dalam posisi menurun. Bedanya, saat mobil parkir menurun, tidak memasukkan gigi 1. Melainkan, posisi tuas di transmisi mundur (R) pada mobil manual.

Baca Juga: Parkir Mobil Maju atau Mundur, Siapa Bilang Sulit?

4. Ganjal ban dengan balok kayu ataupun batu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini