Perhatikan Oli, Ini 4 Tips Jaga Suspensi Motor Tetap Awet

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 23 Maret 2023, 12:23 WIB
Suspensi atau yang sering disebut dengan shock breaker ini merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Suspensi ini memiliki fungsi sebagai meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan

Suspensi atau yang sering disebut dengan shock breaker ini merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Suspensi ini memiliki fungsi sebagai meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan

LABVIRAL.COM, Suspensi atau yang sering disebut dengan shock breaker ini merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Suspensi ini memiliki fungsi sebagai meredam getaran atau kejutan selama berkendara di jalan.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kondisi komponen motor yang satu ini agar tetap prima. Sehingga berkendara pun akan tetap nyaman dan terhindar dari sakit atau nyeri punggung. Berikut ini tips merawat suspensi motor:

1. Jaga kebersihan suspensi motor

Karena letaknya yang terbuka, membuat suspensi motor menjadi rawan kotor setelah digunakan berkendara. Terlebih lagi pada musim hujan, kompinen suspensi harus senantiasa dijaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal dan tidak terganggu.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran pada suspensi, yang akan menyebabkan suspensi menjadi keras dan tidak nyaman saat digunakan. Segera bersihkan bagian suspensi dengan lap dan air bersih setelah menggunakan kendaraan pada saat hujan ataupun melewati jalanan berlumpur.

Baca Juga: Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

2. Perhatikan oli pada suspensi

Tanpa adanya oli yang melapisi bagian suspensi, membuat suspensi akan terasa lebih keras dan tidak nyaman saat digunakan. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya nyeri punggung yang sering dialami oleh pengendara motor.

Bukan hanya itu, suspensi yang tidak dilapisi oleh oli atau pelicin juga akan lebih mudah patah jika digunakan pada saat berkendara. Terlebih lagi, jika sering melewati jalanan yang rusak, berbatu ataupun jalanan berlubang.

Baca Juga: Kisaran Biaya Servis AC Mobil di 3 Kota Besar Indonesia, Cekidot!

3. Hindari membawa beban berlebihan

Selanjutnya yakni dengan cara tidak membawa beban yang terlalu berlebihan. Terutama pada saat akan melakukan perjalanan jarak jauh. Jika membawa beban yang melebihi kapsitas maka akan berisiko rusak atau patah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini