Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

Yowan R
Sabtu 11 Maret 2023, 09:29 WIB
Ilustrasi servis motor di rumah (Sumber : Instagram/ultraspeedracing)

Ilustrasi servis motor di rumah (Sumber : Instagram/ultraspeedracing)

LABVIRAL.COM - Servis motor merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan guna menjaga kondisi motor menjadi tetap awet.

Namun, padatnya aktivitas sehari-hari membuat banyak para pengguna sepeda motor menjadi tidak sempat untuk melakukan servis motor di bengkel. Jadi, ada baiknya para pengguna sepeda motor memiliki pengetahuan untuk melakukan servis motor dirumah masing-masing.

Karena melakukan servis motor dirumah itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, bahkan para pengguna yang tidak mengerti tentang mesin pun bisa melakukannya sendiri.

1. Persiapkan alat dan kunci 

Untuk service motor sendiri di rumah siapkan alat dan kunci-kunci. Ini sangat berguna untuk membuka dan menyetel kembali part-part seperti body motor, baut mesin dan lainnya. Pastikan semua alat-alat lengkap.

2. Bersihkan Karburator

Membersihkan karburator sangat penting dilakukan pada motor yang masih menggunakan sistem pembakaran konvensional. Bongkar semua komponennya dengan benar dan bersihkan setiap kotoran yang ada pada komponen karburator.

3. Periksa Filter Udara

Saat melakukan servis motor sendiri dirumah, sangat disarankan untuk memeriksa filter udara. Komponen ini sangat penting untuk menyaring kotoran yang dapat menyumbat ruang bakar. Maka itu lakukan pembersihan secara berkala. Jika sudah kotor lebih baik lakukan penggantian filter udara yang baru.

4. Periksa Busi

Periksa kondisi busi, bersihkan busi jika busi terlihat kotor dan berkerak. Periksa juga api busi yang dihasilkan jka api sudah tidak bagus, sebaiknya ganti busi dengan yang baru.

5. Ganti Oli

Langkah selanjutnya adalah mengganti Oli. Langkah ini sangat wajib dilakukan agar mesin tetap dalam kondisi prima dan mesin tetap awet.

6. Periksa Rantai

Memeriksa rantai menjadi penting dilakukan saat servis motor dirumah jika motormu termasuk motor yang masih menggunakan penerus daya rantai alias bukan motor matic.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini