Wajib Dicoba, 5 Bahan Ini Ampuh Hilangkan Karat di Leher Knalpot Motor

Yowan R
Jumat 24 Maret 2023, 09:19 WIB
Ilustrasi leher knalpot yang berkarat (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi leher knalpot yang berkarat (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Leheran knalpot motor yang berkarat ini memang sudah bukan hal yang aneh lagi. Hampir semua sepeda motor pasti akan mengalami kondisi leheran knalpot motornya berkarat, terlebih pada motor yang sudah berumur dan motor yang jarang dirawat.

Karat pada leheran knalpot motor ini tentunya merusak penampilan motor dan berisiko menurunkan performa motor. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, karat di leher knalpot ini pasti akan muncul akibat terjadinya perubahan suhu secara drastis pada saluran gas buang.

Karen itu, untuk mencegah munculnya karat pada leher knalpot motor, pabrikan mengakalinya dengan memberikan lapisan menggunakan cat yang tahan terhadap temperatur tinggi atau Hi-Temp.

Baca Juga: 5 Cara Ini Membuatmu Mengubah Cara Membersihkan Busi Motor

Nah, jika motor kalian sudah mulai muncul karat pada bagian leher knalpotnya, berikut ini ada 5 bahan ampuh yang bisa diandalkan untuk menghilangkan karat di leher knalpot.

1. Cairan pembersih karat

Menghilangkan karat pada leher knalpot motor menggunakan cairan pembersihan dengan cara menyemprotkan atau mengoleskan ke bagian yang terdapat karat, dilanjutkan menggosoknya dengan amplas hingga karat menghilang.

2. Cairan pembersih keramik

Cara selanjutnya adalah membersihkan karat menggunakan cairan pembersih keramik pada area knalpot yang berkarat. Kemudian, gunakan kain lap untuk membersihkannya. Lakukan pembersihan ini berkali-kali hingga karat benar-benar hilang dari permukaan leher knalpot.

Baca Juga: Bersihkan Filter Udara Jenis Stainless Steel untuk Sepeda Motor Setiap 5.000 KM!

3. Baking soda

Selain dengan 2 cara di atas, produk-produk kebutuhan dapur seperti baking soda rupanya bisa diandalkan sebagai pembersih karat pada leher knalpot.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini