Perbedaan Signifikan Mesin Motor Matic dan Manual, Kuy Simak!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:42 WIB
Illustrasi Perbandingan Motor Matic vs Manual (Sumber : Pinterest)

Illustrasi Perbandingan Motor Matic vs Manual (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Pada dasarnya sepeda motor yang umum digunakan digolongkan menjadi 2 tipe transmisi yaitu transmisi manual dan transmisi matik. 

Pada transmisi manual kamu diharuskan untuk mengoper gigi secara manual ketika mengendarai motor dengan transmisi yang satu ini. 

Baca Juga: Nggak Perlu Panik, Periksa Beberapa Komponen Berikut Saat Motor Injeksimu Mogok

Pada motor matik, sistem transmisi yang digunakan menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT). Pada motor matik, kamu hanya perlu mengatur tuas gas dan juga rem saja untuk mengendarainya. Sistem inilah yang membedakan dengan motor manual.

Secara sederhana untuk bentuk mesinnya motor manual menggabungkan ruang mesin, transmisi dan kopling menjadi satu. Sedangkan motor matik membagi mesinnya menjadi 2 bagian yaitu bagian mesin dan bagian transmisi dan juga kopling.

Baca Juga: Apa Benar Cuci Motor Bikin Motor Terasa Lebih Enteng? Begini Faktanya

Dengan adanya perbedaan tersebut motor manual tidak dapat menggunakan oli motor matik. Begitu juga dengan sebaliknya. Sebab, masing-masing oli sudah diproduksi menyesuaikan jenis mesinnya.

Pada motor manual, oli mesin juga digunakan untuk melumasi bagian transmisi dan juga kopling. 

Namun tidak untuk motor matik. Oli yang digunakan ada 2. Yang satu digunakan untuk melumasi mesin dan satunya digunakan untuk gearboxnya atau transmisinya. Oli ini juga dikenal dengan oli gardan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini