Apa Benar Cuci Motor Bikin Motor Terasa Lebih Enteng? Begini Faktanya

Yowan R
Sabtu 11 Maret 2023, 09:24 WIB
Ilustrasi mencuci sepeda motor (Sumber : instagram.com/restomax.jakarta)

Ilustrasi mencuci sepeda motor (Sumber : instagram.com/restomax.jakarta)

LABVIRAL.COM - Agar sepeda motor selalu terawat dan menjadi lebih awet, kalian tentu perlu memberikan perhatian khusus seperti menjaga kebersihan motor.

Untuk menjaga kebersihan sepeda motor kalian bisa melakukannya dengan cara mencuci motor.

Mencuci motor ternyata tidak hanya membuat kendaraan menjadi bersih dan sedap dipandang. Tetapi, bisa juga membuat motor terasa enteng dan nyaman saat dikendarai.

Mencuci motor perlu rutin dilakukan agar motor terhindar dari karatan. Motor yang terkena hujan, biasanya tidak akan nyaman saat digunakan karena begitu banyak kotoran berupa debu dan tanah yang menempel. Karena itu, segeralah mengguyur motor dengan air yang bersih.

Baca Juga: Ternyata Ini Jalan Tol Satu-satunya di Indonesia yang bisa Dilalui Motor

Mengguyur atau mencuci motor setelah terkena guyuran air hujan juga bisa untuk mencegah dari timbulnya karat. Tak hanya itu, mencuci motor juga akan menjaga motor menjadi lebih awet dan membuat tarikan motor terasa lebih enteng.

Hal ini terjadi karena kotoran yang menutupi bagian blok mesin dan header knalpot menjadi penghambat buangan panas dari mesin. Akibatnya performa dari motor menjadi menurun atau tidak maksimal.

Selain mesin, kotoran-kotoran yang menempel di sela-sela komponen motor juga bisa bikin tarikan motor tidak enak, jadi ketika kotoran tersebut rontok karena proses pencucian, tarikan motor jadi terasa enteng.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor. Ketika mencuci motor, kamu boleh mencuci seluruh bagian luarnya secara detail hingga betul-betul bersih. Tapi, bagian kelistrikannya jangan sampai terkena air. Karena bisa mengakibatkan korsleting listrik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini