Ternyata Ini Jalan Tol Satu-satunya di Indonesia yang bisa Dilalui Motor

Haris Ma'ani
Sabtu 11 Maret 2023, 09:10 WIB
Ilustrasi jalan tol  (Sumber : Twitter/@KemenPu)

Ilustrasi jalan tol (Sumber : Twitter/@KemenPu)

LABVIRAL.COM- Hanya ada satu di Indonesia jalan tol bisa dilalui kendaraan roda dua alias motor. Lokasinya di atas laut menyajikan panorama indah saat melintas.

Umumnya jalan tol di Tanah Air diperuntukkan bagi kendaraan roda empat dan sejenisnya. Tapi ada satu jalan tol yang ternyata bisa dilalui kendaraan roda dua.

Di jalan bebas hambatan tersebut, pengendara sepeda motor bebas melaluinya. Bukan hanya mempersingkat waktu, tapi pengendara sepeda motor yang melintasi tol tersebut juga bisa menikmati suasana pemandangan lautan yang indah.

Jalan tol tersebut, dan satu-satunya yang bisa dilalui motor di Indonesia adalah Jalan Tol Bali Mandara.

Dikutip dari Twitter @kemenpupr, jalur khusus untuk pengendara roda dua terdapat pada Jalan Tol Bali Mandara. Jalan tol ini menjadi satu-satunya di Indonesia dengan jalur khusus untuk sepeda motor yang masuk ke dalam Golongan VI dengan tarif Rp5.000.

Untuk mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, pada jalan tol ini telah dipasang anemometer (alat ukur kecepatan angin) di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Ketika kecepatan angin melebihi 40 km/jam, jalur sepeda motor ditutup. Kemudian apabila sudah melebihi 80 km/jam, jalur mobil juga ikut ditutup.

Baca Juga: Bolehkah Menutup Jalan Umum untuk Hajatan atau Pesta Pernikahan?

Baca Juga: Program KTP Digital Mulai Dijalankan, Begini Cara Mudah Buatnya

Sekilas jalan tol Bali Mandara 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini