Cara Bedakan Oli Khusus Motor Manual dan Motor Matic, Gampang Bos!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:52 WIB
Illustrasi Oli (Sumber : Pinterest)

Illustrasi Oli (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Motor matik dan motor manual memiliki spesifikasi dan kebutuhannya tersendiri. Salah satunya adalah bagian mesinya. Memiliki sistem yang berbeda, motor matic dan motor manual juga memerlukan perawatan yang berbeda.

Pelumasan mesin menjadi salah satu bentuk perawatan yang harus benar-benar diperhatikan oleh pemilik motor. 

Pasalnya, pemilik motor harus waspada dengan pelumas atau oli yang digunakan. Baik motor manual maupun motor matik, masing-masing sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis oli yang berbeda.

Baca Juga: Radiator Motor Bermasalah? Begini Cara Memeriksanya!

Namun, banyak pengendara motor yang kerap kali acuh dengan perbedaan ini. Alhasil, mesin motornya bisa saja bermasalah atau tidak bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Agar mesin selalu bekerja dengan optimal, dibutuhkan oli sesuai jenis motor. Berikut cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan oli motor manual dan matik. 

1. Kode jaso pada kemasan

Cara paling mudah untuk membedakan oli motor manual dan oli motor matic adalah dengan melihat kode jaso pada kemasan produk oli.

Kode jaso adalah lembaga di Jepang yang bertugas untuk mengecek dan menguji kualitas pelumas di negaranya. Jaso adalah kepanjangan dari Japanese Automotive Standard Association. 

Baca Juga: Tips Repaint Body Motor dengan Cat Kaleng agar Hasilnya Istimewa!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini