Ini Dampak Buruk Motor Jarang Dipanaskan

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:55 WIB
Merawat Motor (Sumber : Pixabay)

Merawat Motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM- Dengan adanya kebijakan WFH, banyak pemilik motor akhirnya jarang memanaskan mesin motornya. Banyak orang menyatakan bahwa motor meskipun tidak digunakan harus tetap dipanasi setiap hari.

Pasalnya, motor jika tidak dipanasi dan dibiarkan dingin maka performa mesinnya akan turun drastis. 

Selain itu, berbagai dampak lainnya juga akan muncul yang bisa membuat motor tidak awet karena mesinnya yang telah sangat menurun. Berikut sejumlah dampak jika mesin motor jarang dipanaskan. 

Baca Juga: Tips Ampuh Kerok Jalur Rumah Roller Motor Matic dengan Mudah dan Cepat!

1. Air bercampur dengan oli

Udara yang muncul ketika pagi hari akan masuk melalui ventilasi mesin sehingga akan mengembun. Ketika sudah mencair kembali maka bisa saja akan bercampur dengan oli. Jika hal ini sudah terjadi, maka bisa menyebabkan mesin karatan. Selain itu, fungsi oli yang untuk melumasi mesin juga akan menurun. 

2. Aki cepat tekor

Dalam keadaan motor mesin mati, aki akan terus mengalirkan listrik ke berbagai komponen motor meski dengan arus yang kecil.

Baca Juga: Tips Ampuh Merawat Body Motor Supaya Awet dan Warna Tidak Mudah Pudar

Jika tidak segera dinyalakan maka tidak ada pengisian tegangan listrik ke aki maka arus aki akan terkuras habis. Dalam jangka waktu lama, aki akan cepat mengalami kerusakan dan tekor. 

3. Bahan bakar tidak baik ke pembakaran motor

Jika motor dibiarkan dalam keadaan mati dalam jangka waktu yang lama, maka bahan bakar di dalam tanki pun akan mengalami pengendapan. Jika terlalu lama, maka endapan akan semakin banyak sehingga bahan bakar tersebut juga tidak akan baik untuk pembakaran motor karena kadar oktan akan menurun. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini