Cara Memilih Oli Mesin Sesuai Kebutuhan, Biar Mobil Sehat Terus

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 25 Maret 2023, 15:17 WIB
Ilustrasi oli mesin mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi oli mesin mobil (Sumber : nissan.co.id)

LabViral.com - Mesin pada setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, hal ini tentu membutuhkan cara perawatan yang tidak sama. Namun yang pasti, memilih oli mesin yang tepat dapat memperpanjang usia mesin mobil. 

Memilih oli mesin sembarangan memang tak akan memberi dampak secara langsung. Namun, dampak yang ditimbulkannya akan muncul dalam jangka panjang. Karena itu, penting untuk memilih oli mesin yang sesuai kebutuhan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang dilansir dari laman resmi Nissan:

1. Pilih oli yang sesuai dengan mesin mobil

Banyak yang belum bisa memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mobil. Padahal, ini adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kondisi mobil. Parameter SAE (Society of Automotive Engineers) adalah salah satu parameter yang bisa dimanfaatkan dalam memilih oli mobil. Biasanya terdapat kode spesifikasi pada mesin mobil yang tertulis 5W-50, 15W-50, 15W-40, dan lain sebagainya.

Cara membaca kode spesifikasi seperti di atas adalah huruf 'W' di belakang angka adalah singkatan dari Winter. Contoh, SAE 15W-50, kode tersebut menunjukkan bahwa oli tersebut memiliki kekentalan SAE 15 pada kondisi suhu dingin dan memiliki kekentalan SAE 50 pada kondisi suhu yang panas. Dengan begini maka oli akan memberi perlindungan optimal meski mesin dinyalakan dalam kondisi yang sangat ekstrem sekalipun.

2. Pilih oli yang bersertifikasi

Ada lagi hal lain yang patut diperhatikan saat harus memilih oli mesin. Hal tersebut adalah sertifikasi yang dimiliki oleh oli. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi antara lain, API, ACEA, ILSAC, dan JASO. Oli yang telah tersertifikasi maka artinya produk tersebut telah terjamin standar dan kualitasnya. Anda bisa dengan tenang memilih oli-oli itu tanpa harus khawatir lagi mengenai kualitas yang mereka miliki.

3. Perhatikan buku panduan pemilik mobil

Salah satu cara termudah dalam menentukan jenis oli apa yang cocok dipakai kebutuhan mobil adalah dengan melihat buku panduan pemilik. Di dalam buku panduan mobil biasanya dijelaskan tentang oli atau pelumas apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Jangan terpaku pada satu merek saja, utamakan memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini