Caranya Cari Oli Mesin Berkualitas, Gini Loh!

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 14 Maret 2023, 23:32 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menghadirkan oli dengan merek global yaitu Suzuki ECSTAR sebagai oli mesin terpercaya untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menghadirkan oli dengan merek global yaitu Suzuki ECSTAR sebagai oli mesin terpercaya untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional

LABVIRAL.COM, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini menghadirkan oli dengan merek global yaitu Suzuki ECSTAR sebagai oli mesin terpercaya untuk kendaraan Suzuki dengan standar internasional. Suzuki ECSTAR ini pun hadir dengan beragam pilihan jenis dan tipe yang dapat disesuailkan dengan kebutuhan mesin kendaraan, karena oli sebagai salah satu komponen wajib penunjang performa kendaraan.

Menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS, mengatakan meskipun terdapat beragam pilihan jenis dan tipe oli mesin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan, yaitu:

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

1. Perhatikan sertifikasi pelumas

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau serifikasi dengan standard terbaik. Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh beberapa institusi antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO.

Dilansir dari Suzuki.co.id, untuk oli ECSTAR mengantongi sertifikasi API Service hingga “SN”, yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard) sehingga sangat baik untuk digunakan oleh kendaraan.

2. Perhatikan spesifikasi kendaraan

Untuk mengetahui jenis dan tipe oli yang ingin digunakan, kita pun wajib mengetahui spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Hal tersebut dapat dilihat pada buku manual kendaraan terkait rekomendasi penggunaan pelumas. Di buku manual serta konsultasi dengan bengkel resmi, pemilik kendaraan dapat mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang paling sesuai.

Baca Juga: Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

3. Perhatikan kekentalan pelumas

Kekentalan oli mesin dapat menunjukkan seberapa mudah oli mengalir hingga melapisi bagian komponen mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer), dan biasanya kode yang diakhiri dengan huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas.

Kode huruf W sendiri adalah singkatan dari Winter, yang digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari kondisi dingin. Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukan mesinnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini