Lepas Pasang Kutub Aki, Awas Picu Percikan Api

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 23:04 WIB
Aki pada mesin mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mendukung kinerja dan performa mesin kendaraan roda empat.

Aki pada mesin mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mendukung kinerja dan performa mesin kendaraan roda empat.

LABVIRAL.COM, Aki pada mesin mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mendukung kinerja dan performa mesin kendaraan roda empat.

Namun pada kenyataannya, banyak kasus aki yang mengalami tekor dan menyebabkan mobil menjadi mogok dan terpaksa harus dijamper.

Solusi penanganan aki tekor pun cenderung mudah dan banyak alat penanganan darurat untuk komponen aki yang beredar di pasaran.

Meskipun mudah, para pemilik kendaraan harus lebih berhati-hati dalam melepas pasang kutub aki positif dan negatif yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Baca Juga: Cek Komponen Berikut Saat Kaki-kaki Mobil Rusak

Hal tersebut lantaran melepas pasang kutub aki yang tekor rawan menyebabkan terjadinya kebakaran dan korsleting listrik pada mesin mobil.

Untuk cara memasang dan melepas kutub aki yang benar, dua kutub aki tersebut harus dipasang sesuai posisi terminal yang ada.

Jika pada pemasangan tersebut terjadi kesalahan atau terbalik, loncatan arus listrik akan sangat beresiko membahayakan komponen kelistrikan yang lain.

Sehingga pemasangan kutub aki yang salah tidak bisa dianggap remeh karena akan menjalar pada komponen mesin, transmisi, dan elektrikal bisa mengalami kerusakan serius.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini