Mengenal Kampas Ganda Sepeda Motor Matic

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 04:46 WIB
Illustrasi Motor Matic (Sumber: Pinterest)

Illustrasi Motor Matic (Sumber: Pinterest)

LABVIRAL.COM- Berbicara seputar motor matic tidak pernah luput dari komponennya yaitu kampas ganda. Kampas ganda pada sepeda motor matic ini berfungsi sangat penting bagi CVT (Continuously Variable Transmission).

Terlepas dari cara kerjanya, komponen ini sangat penting untuk membantu berjalan secara sempurna.

Untuk lebih jelasnya lagi, kampas ganda pada motor matic ini berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutus tenaga putaran yang dihasilkan mesin ke roda belakang melalui CVT. Kampas ganda berfungsi karena gaya sentrifugal.

Baca Juga: Ternyata Ini Isi dan Fungsi Kepala Silinder Pada Komponen Motor

Gaya sentrifugal ini didapat saat mesin mulai dihidupkan sehingga putaran dari mesin diteruskan melalui CVT menuju kampas ganda. Putaran inilah yang menyebabkan kampas ganda bisa berfungsi.

Saat handle gas diputar, mesin tentu saja akan menambah kecepatan putarannya, semakin cepat putaran gaya sentrifugal yang didapat akan semakin besar. Kampas ganda akan terdorong ke arah rumah kopling dan menekannya sehingga terhubung dengan rumah kopling.

Baca Juga: Rekomendasi Oli Untuk Motor Matic, Cekidot!

Sebagai gambaran untuk kamu lebih mudah memahaminya, sebelum motor digas kampas ganda akan renggang dengan rumah kopling. 

Saat motor mulai digas dan putaran mesin menjadi semakin tinggi sliding sheave akan menekan kampas dan merapat dengan rumah kopling, tenaga dari putaran mesin yang disalurkan CVT akan terhubung ke roda belakang yang menyebabkan roda ikut berputar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini