Rekomendasi Oli Untuk Motor Matic, Cekidot!

Andi Syafriadi
Sabtu 25 Maret 2023, 11:30 WIB
Illustrasi Pergantian Oli (Sumber:Pinterest).

Illustrasi Pergantian Oli (Sumber:Pinterest).

LABVIRAL.COM- Bagi banyak orang, oli motor wajib diganti setiap pemakaian dua bulan atau kurang lebih telah mencapai 2 ribu kilometer.

Namun, pengendara motor matik harus lebih waspada karena memiliki spesifikasi yang cukup berbeda dengan motor bebek atau motor sport. Salah satunya terkait jenis oli yang harus diganti. 

Motor matik memiliki dua jenis oli yang perlu diganti secara berkala. 

1. Oli mesin

Oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah motor matik. Selain untuk menghindari berbagai permasalahan motor seperti mogok secara tiba-tiba, oli mesin juga berfungsi menjaga kinerja motor selalu dalam kondisi optimal.

Setiap kendaraan memiliki jangka waktu berbeda dalam mengganti oli motor, tetapi secara umum, oli mesin harus diganti setiap penggunaan 2000 hingga 3000 kilometer atau setiap 1,5 hingga 2 bulan sekali.  

2. Oli Gardan

Oli Gardan berfungsi sebagai pelumas berbagai komponen transmisi yang saling bergesakan di dalam boks gardan.

Selain menjadi pelumas, oli ini juga berfungsi sebagai pelindung berbagai komponen tersebut. Penggantian oli gardan adalah setiap 8000 kilometer atau 3 kali dari penggantian oli mesin.

Baca Juga: Arti Kode SAE pada Oli, Teliti Sebelum Beli

Jika oli gardan tidak segera diganti maka akan timbul suara kasar dari box CVT hingga kerusakan pada sejumlah komponen transmisi motor matik. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini