Bahaya! Ini Alasan Dilarang Bawa Bayi Naik Motor

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 14:59 WIB
Illustrasi (Sumber : Pinterest)

Illustrasi (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Bepergian menggunakan sepeda motor memang praktis, terutama jika kamu tinggal di kota-kota besar. Kondisi jalanan yang begitu macet juga menjadi salah satu alasan utama menggunakan motor sebagai alat mobilitas di saat kemacetan.

Nah, masalahnya banyak yang bepergian Bersama bayinya menggunakan sepeda motor. Mereka bertanya, apakah diperbolehkan membawa bayi menggunakan motor yang dibawah umur 1 tahun?

Ya, ada yang mengatakan aman-aman saja jika si kecil diajak perjalanan menggunakan motor tidak lebih dari 2 jam. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa sebaiknya tidak melakukan perjalan dengan bayi jika menggunakan motor.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah tidak. Karena, terdapat berbagai ancaman dan resiko yang bisa terjadi bagi bayi. Inilah resikonya:

1. Sistem pernapasan rentan mengalami gangguan

Alat pernapasan pada bayi tentunya belum sekuat orang dewasa, bahkan masih kalah dengan anak-anak diatas 5 tahun. Jadi, sangat berbahaya jika bayi menghirup polusi yang terkandung di udara.

Saat bayi berada di atas motor, secarang langsung ia akan diajak oleh orangtua untuk berekeruman di dalam udara kotor, asap kendaraan dan debu-debu jalan yang berterbangan. Kondisi tersebut memaksa si bayi untuk menghirup udara yang ada disekitar.

Baca Juga: Begini cara Memilih Busi yang Cocok untuk Motormu

Di dalam paru-paru bayi, alveolus yang berfungsi menangkap oksigen belum terbentuk dengan sempurna. Penyaringan dalam sistem pernapasan juga masih belum optimal, sehingga kemungkinan terserangnya gangguan pernapasan menjadi lebih besar.

2. Risiko keselamatan bayi saat kecelakaan

Bayi memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa jika mengalami kecelakaan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini