Hemat Banget, Konsumsi Wuling Almaz Hybrid Capai 19km per Liter

Ananta
Minggu 26 Maret 2023, 15:13 WIB
Wuling Almaz Hybrid akhirnya meluncur setelah sempat diperkenalkan pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 lalu. Yang menarik dari Wuling Almaz Hybrid, pihak Wuling menjanjikan bahwa sistem kerjanya bisa sepenuhnya elektrik (Sumber : RODANESIA.COM)

Wuling Almaz Hybrid akhirnya meluncur setelah sempat diperkenalkan pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 lalu. Yang menarik dari Wuling Almaz Hybrid, pihak Wuling menjanjikan bahwa sistem kerjanya bisa sepenuhnya elektrik (Sumber : RODANESIA.COM)

LABVIRAL.COM - Wuling Almaz hybrid kini terbukti lebih hemat bahan bakar berkat penggunaan mesin baru berkapasitas 2.000cc, naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle dengan motor listrik "Permanent Magnet Synchronous Motor" yang dikawinkan dengan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Meski memiliki kapasitas mesin lebih besar daripada Almaz RS  yang "hanya" 1.500cc, namun Almaz Hybrid bisa mencetak efisiensi bahan bakar antara 19km/liter hingga 20,3km/liter, berdasarkan data pada layar multi-information display (MID).

Beberapa awak media menjajal keunggulannya di rute dalam kota dari kawasan Cileungsi hingga Jakarta Pusat untuk pergi dan pulang bekerja selama tiga hari di jam sibuk beberapa hari yang lalu. Dengan membawa 2-3 orang penumpang dengan lalu-lintas yang padat, cara kendara stop and go, terutama di Tol Jagorawi dan Dalam Kota pada jam berangkat dan pulang bekerja.

Baca Juga: Agar Baterai Mobil Listrik Awet, Hindari Kebiasaan Ini

Adapun total jarak yang ditempuh selama menggunakan Almaz Hybrid yakni lebih dari 300 kilometer selama tiga hari (jarak rata-rata 100 km pergi-pulang selama tiga hari).

Hasil menggunakan pantauan MID juga tidak jauh berbeda saat dihitung menggunakan metode full-to-full, yakni menghitung konsumsi bensin yang digunakan dari posisi tangki penuh, kemudian diisi kembali. Dalam metode full-to-full, jumlah liter yang diisi menjadi angka konsumsi yang dibagi dengan jarak tempuh, untuk menghasilkan angka yang akurat.

Sebelum memulai perjalanan pada hari pertama, Almaz Hybrid diisi bensin RON98 hingga full. Kemudian setelah menempuh 200km pada hari kedua, Almaz kembali diisi hingga full dengan RON98 sebanyak Rp158 ribu atau 11,2 liter BBM untuk 200 km perjalanan.

Kendati demikian, tentunya konsumsi bahan bakar akan berbeda, tergantung gaya mengemudi setiap orang serta kondisi lalu lintas yang dilalui.

Baca Juga: Cara Atasi Kebakaran di Mobil Listrik, Jangan Pakai Fire Foam

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini