Alasan Servis Ringan Rutin Itu Wajib, Biar Motormu Tetap Ganteng

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi servis berkala di bengkel resmi Yamaha (Sumber : fortuna-motor.co.id)

Ilustrasi servis berkala di bengkel resmi Yamaha (Sumber : fortuna-motor.co.id)

LABVIRAL.COM- Melakukan servis ringan pada sepeda motor merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Dengan melakukan servis ini secara berkala, motor yang kamu miliki menjadi lebih awet dan tentunya performanya akan selalu terjaga.

Kamu bisa melakukan servis ringan ini berdasarkan buku panduan dari dealer, ataupun berdasarkan jadwal yang kamu buat sendiri.

Umumnya servis ringan ini dilakukan berdasarkan waktu yakni 2 sampai 3 bulan sekali. Namun ada baiknya kamu melakukan servis ringan berdasarkan jarak tempuh yang sudah dilewati motor.

Baca Juga: Servis Rutin Motor, Pahami Prosedurnya Saat Performa Motor Menurun

Jarak yang menjadi acuan untuk melakukan servis ringan pada motor adalah 4000 km. melakukan servis dengan acuan jarak lebih baik jika dibandingkan dengan servis motor saat motor kamu mengalami masalah.

Keterlambatan melakukan servis atau penanganan saat ada komponen yang rusak bisa berakibat fatal pada komponen yang lainnya. Hal ini disebabkan karena antar komponen pada motor memiliki keterkaitan satu sama lain.

Baca Juga: Baca Biar Bisa Servis Motor di Rumah dengan Mudah

Jika kamu tidak melakukan servis karena ingin berhemat, namun pada kenyataannya ada komponen yang rusak dan tidak diganti, kerusakan tersebut dapat menjalar ke komponen lainnya. Bukannya jadi hemat tetapi kamu malah harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan penggantian komponen lainnya yang ikut terkena imbas dari kerusakan tadi.

Itu sedikit tips untukmu, mengenai jarak yang cocok dan tepat untuk melakukan servis ringan terhadap sepeda motor. Apakah ingin berpatokan pada jarak tempuh yang dilalui atau dengan melakukannya rutin setiap beberapa bulan sekali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Naik Gojek Motor Listrik, Tarifnya Berapa?

Minggu 26 Maret 2023, 15:00 WIB
Naik Gojek Motor Listrik, Tarifnya Berapa?
Berita Terkini