Honda XSR650L Motor Trail Honda dengan Desain Jadul yang Memiliki Torsi Mengerikan

Ananta
Minggu 26 Maret 2023, 15:37 WIB
Ilustrasi Honda XSR650L (Sumber : ultimatemotorcycling.com)

Ilustrasi Honda XSR650L (Sumber : ultimatemotorcycling.com)

LABVIRAL.COM - Honda XSR650L merupakan salah satu motor yang diproduksi oleh Honda dengan kategori dual purpose alias off-road dan on-road.

Jika dilihat dari segi tampilannya, Honda XSR650L memiliki desain bodi yang kurang cocok untuk era modern ini. Desain bodinya lebih tepat jika motor ini di jual di tahun 80 atau 90-an karena desain dan teknologinya sudah tidak relevan dengan motor dual purpose di era modern ini.

Motor dual purpose ini pertama kali dirilis oleh Honda pada tahun 1993 dan hingga saat ini motor tersebut masih belum memiliki perubahan dari segi desain hingga mesinnya. Hanya saja, ada perubahan dari warna dan stripingnya saja.

Tidak adanya perubahan pada desain bodi dan mesin yang digunakan pada Honda XSR650L inilah yang membuat disukai para penggemarnya dari waktu ke waktu sebagai motor dual sport yang legal digunakan di jalan raya.

Baca Juga: Tampil Lebih Menawan, Berikut Pilihan Warna Baru Honda PCX 160

Pada bagian dapur pacunya, motor ini ditenagai dengan mesin berkapasitas 644 cc silinder tunggal, SOHC 4 klep, RFVC twin port dengan bore 100mm dan stroke 83,6 mm yang disokong dengan sistem pengabutan bahan bakar karburator berukuran 42,5mm.

Mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 43,6 Hp  pada 6.000 rpm dan torsi puncak 63,9 Nm pada 5.000 rpm yang disalurkan menggunakan transmisi 5 percepatan.

Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin Honda XSR650L memang tidaklah fantastis. Namun, torsi puncaknya sangat mengesankan dan tidak mungkin didapatkan pada motor-motor dual purpose modern saat ini.

Karakter dari mesin inilah yang membuat Honda XSR650L istimewa dan membuat motor ini terasa enteng saat menghadapi jalanan menanjak tanpa harus memutar tuas gas terlalu dalam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini