Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 18:31 WIB
Apa itu Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin.

Apa itu Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin.

LABVIRAL.COM - Menjaga performa kendaraan untuk tetap prima saat digunakan, adalah kesiapan yang begitu penting. Dan, mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus dijaga performanya.

Mesin kendaraan berperan penting dan menjadi komponen paling utama yang wajib dijaga. Karena jika performa mesin kendaraan menurun, tentu saja sangat mengganggu. Selain itu, jika performa mesin menurun, maka kendaraan tidak akan maksimal untuk digunakan.

Tetapi jika performa kendaraan sudah terasa menurun, itu artinya kamu harus melakukan overhaul. Sebelumnya, tahukah kamu apa itu overhaul?

Baca Juga: Oli Rembes pada Mesin Motor, Bisa Bikin Turun Mesin

Nah, berikut Labviral.com, jelaskan seputar overhaul. Yuk, cermati penjelasan berikut, ya!

Overhaul adalah salah satu cara perbaikan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah kendaraan yang mengalami penurunan performa mesin atau yang sering disebut dengan turun mesin.

Overhaul sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu overhaul minor dan overhaul major.

Overhaul minor

Pada overhaul minor, hanya sebagian mesin yang akan mengalami pembongkaran untuk dilakukan perbaikan. Biasanya pada overhaul minor, tidak sampai pada tahap pembongkaran mesin silinder.

Overhaul major

Berlawanan dengan overhaul minor, pada overhaul major, mesin akan mengalami pembongkaran keseluruhannya.

Nah, dari perbendaan di atas, sudah dapat dipahami secara garis besar bahwa tujuan dari overhaul ialah memperbaiki performa kendaraan. Karena dalam jangka waktu yang cukup lama, komponen yang ada di dalam mesin mobil bisa mengalami penurunan pada performanya.

Lalu apa sih ciri-ciri mobil yang performanya menurun, sampai dengan harus dilakukan overhaul? Berikut cirinya:

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Beserta Syaratnya

Mesin suka mati mendadak

Mesin kendaraan yang suka mati mendadak tentu saja sangat mengganggu, bahkan membahayakan kamu sebagai pengendara. Jika kendaraan sudah sering mati mendadak, itu menandakan kondisi mesin yang sudah seperti overheating. Kondisi ini cukup serius untuk itu perlu dilakukan overhaul.

Asap knalpot berwarna putih

Jika asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, akan menimbulkan bau busi terbakar yang menyengat. Kondisi ini terjadi biasanya karena kondisi mesin yang sudah tua. Atau bisa juga, walaupun kondisi mesin masih baru tetapi tidak dilakukan perawatan terhadap mesin tersebut secara berkala, mesin juga sudah harus dilakukan overhaul.

Mobil cepat panas

Kondisi mesin yang mudah panas, walaupun digunakan dengan begitu pelan, juga menandakan kamu harus melakukan overhaul. Mesin yang terlalu panas akan sangat berbahaya; bisa menyebabkan kendaraan mati mendadak sampai dengan terbakar mesinnya. Bahaya lho!

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Beserta Syaratnya

Busi banjir dengan oli

Jika oli cepat habis, bisa jadi itu disebabkan oleh busi yang dibanjiri oleh oli. Kondisi tersebut membuat oli yang berada di ruang kompresi tercampur. Sehingga oli akan terbakar dan cepat habis meski baru diisi.

Air radiator cepat habis

Saat kamu merasa air radiator cepat sekali berkurang, kamu perlu waspada karena itu salah satu ciri yang menandakan kamu harus segera melakukan overhaul.

Nah, itu dia ciri-ciri kondisi mesin yang mengharuskan kamu melakukan overhaul. Karena biaya overhaul cukup mahal, maka wajib bagi kamu untuk menjaga setiap komponen yang terdapat pada mesin kendaraanmu, mulai dari yang besar sampai yang terkecil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Mobil Overheat, Penyababnya Cek Disini!

Minggu 26 Maret 2023, 15:02 WIB
Mobil Overheat, Penyababnya Cek Disini!
Berita Terkini