Cara Tambal Sendiri Ban Motor Tubeless

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 18:37 WIB
Ilustrasi: Tambal ban tubles (Sumber : Jawapos.com)

Ilustrasi: Tambal ban tubles (Sumber : Jawapos.com)

LABVIRAL.COM - Dianggap lebih praktis dan menguntungkan, ban tubeless kini banyak digunakan para pemilik sepeda motor. Ban tubeless dapat berfungsi tanpa harus menggunakan ban dalam. Karena hal tersebutlah, ban tubeless dianggap jauh lebih praktis.

Pada proses penambalan ban motor berjenis tubeless ini, dapat dikatakan jauh lebih efisien, karena menambal ban motor jenis tubeless jika mengalami kebocoran tidak dilakukan proses yang panjang seperti penambalan ban motor biasa.

Baca Juga: Bisa Jadi Pertimbangan, Ini 5 Perbedaan Ban Biasa dengan Tubeless

Ban tubeless juga hanya membutuhkan perawatan yang sederhana jika dibandingkan dengan ban biasa. Salah satu cara merawat ban tubeless yaitu dengan memperhatikan agar velg tidak mengalami perubahan bentuk, seperti melengkung.

Apabila velg mengalami kelengkungan, maka dapat memicu terjadinya kebocoran. Perubahan bentuk velg dapat disebabkan oleh benturan antara ban dengan jalan yang terjal dan berlubang. Jadi, berhati-hatilah jika kamu melewati medan berat.

Tetapi jika kamu mengalami kebocoran ban motor berjenis tubeless, berikut Labviral.com, sajikan tips menambal ban motor jenis tubeless yang bisa dilakukan dirumah:

Baca Juga: Cara Rawat Ban Tubeless Motor Biar Panjang Umur

Berikut terdapat tiga cara menambal ban tubeless, yuk simak:

Plug repair

Pernah kamu melihat tukang tambal ban motor di tepi jalan bekerja? Biasanya mereka menggunakan metode plug repair untuk menambal ban.

Cara menggunakan metode ini yaitu dengan memasukan secara paksa karet ke bagian lubang ban motor yang bocor. Siapkan karet, lalu tekan dengan kuat sampai karet tersebut masuk dan menyumbat bagian ban yang bocor.

Baca Juga: Ban Tubeless dan Banyak Faktanya yang Kamu Belum Tahu

Menggunakan lem power glue

Lem power glue dapat digunakan sebagai penambal pada ban motor berjenis tubeless. Caranya dengan memasukkan lem power glue ke dalam lubang ban yang bocor dan dibiarkan kering.

Kompon

Kompon (compound tube), pada umumnya bahan ini dapat digunakan kepada kedua jenis ban motor baik tubeless maupun non tubeless. Untuk ban tubeless, cara menggunakannya yaitu dengan memasukkan kompon ke dalam lubang ban motor yang bocor dengan menggunakan bantuan alat suntik. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga kompon benar-benar mengering.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini