Bisa Jadi Pertimbangan, Ini 5 Perbedaan Ban Biasa dengan Tubeless

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 04:47 WIB
Ilustrasi ban motor  (Sumber : michelinmotorsport.com)

Ilustrasi ban motor (Sumber : michelinmotorsport.com)

LABVIRAL.COM- Ban adalah satu bagian dari motor maupun mobil yang sangat penting. Jika komponen ini tidak terpasang, kendaraanmu mustahil untuk dapat dikendarai.

Saat ini tersedia dua jenis ban yang banyak dipakai di kendaraan. Ban biasa dan ban tubeless. Lantas apa perbedaannya, mari kita simak.

1. Komponen Ban

Perbedaan utama yang membedakan antara ban biasa dan tubeless adalah komponennya. Ban biasa terdiri dari dua komponen yakni ban luar dan dalam, sedangkan tubeless hanya satu komponen.

Meski berbeda, kedua ban tersebut masih dibekali dengan flap untuk mengisi angin dan tentunya pelek sebagai rangka dari sebuah roda.

Baca Juga: Ternyata Ini Isi dan Fungsi Kepala Silinder Pada Komponen Motor

2. Bentuk

Perbedaan yang dapat dilihat secara langsung adalah bentuknya. Ban biasanya memiliki desain yang lebih mengotak, sedangkan tubeless berbentuk lebih bulat.

Bentuk tersebut berpengaruh pada performa, lho, untuk ban biasa lebih seimbang saat kecepatan rendah, namun sulit dikendalikan saat kecepatan tinggi.

Lain hal dengan ban tubeless yang memiliki bentuk bulat sehingga dapat lebih mudah dikendalikan meskipun dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Motor Listrik VMX 08 Ini Sanggup Tempuh Jarak 270 Km, Bobotnya Cuman 50 Kg.

3. Material

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini