Mau Ganti Mesin Biasa Jadi Turbo, Yakin?

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 18:39 WIB
Mesin mobil, memang harus senantiasa dalam keadaan prima dan stabil untuk melancarkan perjalanan setiap waktu.

Mesin mobil, memang harus senantiasa dalam keadaan prima dan stabil untuk melancarkan perjalanan setiap waktu.

LABVIRAL.COM - Mengganti mesin mobil biasa dengan mesin berteknologi turbo, menjadi hal yang cukup biasa. Sebab saat ini, sudah banyak mobil sehari-hari sampai dengan mobil keluarga disematkan mesin turbo.

Terobsesi dengan lari yang cepat, banyak orang memodifikasi mobil mereka dari mesin biasa, menjadi mesin berteknologi turbo.

Tapi tahukah kamu? Untuk memodifikasi mobil kesayanganmu dari mesin biasa menjadi bermesin turbo, dibutuhkan beberapa komponen pendukung lainnya.

Baca Juga: Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin

Berikut Labviral.com, jelaskan terkait penggantian mesin biasa dengan mesin turbo. Yuk, disimak ya!

Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti mesin biasa menjadi mesin turbo, kamu harus mengetahui beberapa komponen pendukung yang akan membantu kemaksimalan kinerja mesin turbo tersebut.

Adapun komponen pendukung yang harus ikut diganti ialah, piping, header, downpipe, intercooler, blow-off valve dan manajemen mesin turbo seperti piggyback atau ECU.

Baca Juga: Cara Jumper Aki Mobil Ketika Mesin Susah Menyala

Nah, melihat komponen di atas yang lebih dari satu, tentu saja biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Pastikan saat kamu ingin mengganti mesin biasa dengan mesin turbo, kamu mempunyai budget yang cukup, untuk mengganti komponen yang telah disebutkan di atas.

Misalnya, kamu menemukan harga yang cukup bersahabat untuk mesin turbo, biasanya paling murah berkisar antara 3 sampai 4 juta saja.

Tapi, jangan terburu-buru ya!

Ingat, pastikan kamu mempunyai budget lebih, karena komponen lainnya memiliki harga yang jauh lebih tinggi dan lagi tidak boleh ada komponen yang tertinggal satupun.

Baca Juga: Hero Xpulse 200 4V, Motor Trabas Mesin 200cc Ini Cuman Dijual Rp 20 Jutaan?

Misalnya, Intercooler yang biasanya berkisar Rp7,5 juta, piggyback yang biasanya berkisar Rp10 juta, kedua komponen itu saja sudah membutuhkan budget yang cukup besar. Belum lagi jasa pemasangan mesin dan komponen lainnya.

Sebaiknya, saat ingin memodifikasi mesin mobil, pastikan dahulu mengenai budget dengan berkonsultasi kepada bengkel mobil kepercayaan kamu, agar tidak kecewa dan mengalami molor budget.

Masih mau mengganti mesin mobil biasa dengan mesin turbo?.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini