Limited Banget! Norton Wankel Engine, Cuma ada 100 Unit di Dunia

Ananta
Minggu 26 Maret 2023, 18:56 WIB
Ilustrasi Norton Classic, motor sport dengan mesin rotary (Sumber : pinterest.com)

Ilustrasi Norton Classic, motor sport dengan mesin rotary (Sumber : pinterest.com)

LABVIRAL - Mesin rotary atau wankel engine mungkin masih terdengar asing bagi sebagian pecinta otomotif. Ya, tak heran jika jenis mesin ini kurang dikenali, karena penyebaran dan penggunaannya pada kendaraan bermotor sangat minim.

Sebagai informasi, mesin rotary atau wankel ini merupakan salah satu jenis mesin yang digunakan pada kendaraan bermotor. Keunikan pada mesin rotary adalah tidak memiliki piston seperti jenis mesin lainnya.

Baca Juga: Mau Ganti Mesin Biasa Jadi Turbo, Yakin?

Mesin wankel sendiri merupakan mesin yang dirancang oleh Dr. Felix Wankel. Pertama kali mesin ini digunakan pada kendaraan bermotor adalah pada mobil keluaran Jepang, Mazda RX Series.

Seiring dengan perkembangannya, mesin wankel juga mulai digunakan pada sepeda motor. salah satunya adalah Norton Classic, sebuah sportbike tanpa fairing buatan Inggris yang dirilis pertama kali pada tahun 1987.

Norton Classic ini muncul ke permukaan didasari karena pabrikan motor Inggris tidak mau kalah soal teknologi dari pabrikan motor Jepang.

Norton Classic menggendong mesin rotary berkubikasi 588 cc yang memiliki tenaga 79 dk di 9.000 rpm. Mesin tersebut diklaim sanggup berlari hingga 209 km/jam.

Yang paling menarik dari Norton Classic ini adalah jumlah produksinya. Karena motor asal Inggris ini ternyata diproduksi secara terbatas dengan total 100 unit saja di dunia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Mau Ganti Mesin Biasa Jadi Turbo, Yakin?

Minggu 26 Maret 2023, 18:39 WIB
Mau Ganti Mesin Biasa Jadi Turbo, Yakin?
Tech

Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin

Minggu 26 Maret 2023, 18:31 WIB
Overhaul dan Tanda Mobil Wajib Turun Mesin
Berita Terkini