Kipas Radiator Mati, Kenapa?

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 26 Maret 2023, 19:24 WIB
Kipas radiator berfungsi untuk menjaga air pendingin agar berada dalam suhu yang sesuai dengan suhu mesin saat bekerja

Kipas radiator berfungsi untuk menjaga air pendingin agar berada dalam suhu yang sesuai dengan suhu mesin saat bekerja

LABVIRAL.COM, Kipas radiator berfungsi untuk menjaga air pendingin agar berada dalam suhu yang sesuai dengan suhu mesin saat bekerja. Selain itu, fungsi kipas radiator juga untuk mendinginkan suhu kondensor AC agar tetap dalam kondisi normal.

Maka, komponen yang satu ini harus diperhatikan kondisinya agar fungsinya dapat berjalan semaksimal mungkin. Kamu perlu tahu, beberapa hal yang menyebabkan kipas radiator mati. Berikut Labviral.com rangkumkan untukmu.

Baca Juga: Radiator Mobil Bocor, Jangan Sampai Terjadi Saat Mudik Deh!

Ada komponen yang putus

Semakin sering kamu mengemudikan mobil di jalanan yang kurang bagus, hal tersebut mudah sekali membuat ada komponen yang putus. Ada tiga macam komponen yang bisa saja putus. Pertama adalah drive belt radiator.

Drive belt ini harus dalam keadaan kering dan akan bekerja memutar kipas. Namun seringkali, oli memercik ke bagian ini sehingga kerusakan pun terjadi perlahan. Selain oli, panas dari belt bisa membuatnya lebih cepat getas dan akhirnya putus.

Kedua adalah kabel kipas radiator yang bisa disebabkan karena tikus menggerogoti kabel dan harus segera disambungkan. Ketiga adalah putusnya sekring kipas radiator. Sekring ini biasanya terputus karena adanya arus listrik yang tidak stabil.

Baca Juga: Radiator Motor Bermasalah? Begini Cara Memeriksanya!

Motor kipas radiator tidak berfungsi

Penyebab selanjutnya bisa terjadi pada bagian motor kipas radiator sudah rusak sehingga tidak dapat bekerja kembali. Pada umumnya, motor kipas radiator yang rusak biasanya tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

Baca Juga: Ingat! Jangan Sesekali Isi Radiator Motor dengan Air Biasa

Pemasangan soket yang tidak kencang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini