Saat Banjir Melanda, Motor Menjadi Mogok? Ini Solusi Hidupkan Kembali

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 06:37 WIB
Illustrasi

Illustrasi

LABVIRAL.COM - Banjir, sudah menjadi acara rutinan yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah, khususnya DKI Jakarta.

Kondisi ini tentu saja merugikan warga, berbagai aktivitas sehari-hari yang biasanya dilakukan dengan alat transportasi menjadi terhambat.

Sepeda motor contohnya, saat banjir melanda sepeda motor tentu saja sulit digunakan untuk melakukan aktivitas. Karena, tingginya genangan air bisa mengakibatkan motor menjadi mogok.

Bagi kamu yang mengalami kondisi ini, dan motor yang biasa kamu gunakan mogok akibat banjir, santuy, jangan panik, ini solusinya:

1. Tidak boleh panik

Solusi yang pertama adalah tidak panik, karena kamu membutuhkan ketenangan agar bisa konsentrasi dalam menganalisa keadaan motor.

Pastikan motor dalam posisi se-aman mungkin dan tidak mengganggu aktifitas orang lain.

Baca Juga: Oli Mesin Tercampur Air Saat Nekat Terobos Banjir, Efeknya Parah Coy!

2. Cek Busi

Setelah melakukan analisa pada kondisi motor, perhatikan bagian businya. Lepaskan busi dan coba keringkan terlebih dahulu jika businya basah.

Setelah motor yang terendam banjir dikeringkan, coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi.

3. Cek filter karburator

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini