Oli Mesin Tercampur Air Saat Nekat Terobos Banjir, Efeknya Parah Coy!

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 23:23 WIB
Oli mesin yang sudah tercampur dengan air nyatanya bisa menimbulkan endapan.

Oli mesin yang sudah tercampur dengan air nyatanya bisa menimbulkan endapan.

LABVIRAL.COM, Hujan membuat genangan dijalan yang kadang bisa bikin air masuk ke dalam celah-celah mesin kendaraan saat pengendara nekat menerobos banjir. Hal itu memungkinkan terjadinya oli mesin bercampur air yang menimbulkan efek buruk bagi kendaraan.

"Kondisi oli yang tercampur dengan air membuat daya pelumasannya tidak maksimal. Sementara komponen di dalam mesin seperti piston, kruk as, noken as dan lain lain membutuhkan pelumasan yang sempurna," kata Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana.

Baca Juga: Ganti Oli Mesin Dibantu Angin Kompresor, Bahaya!

Dengan begitu, hal tersebut akan membuat gesekan antar komponen yang notabene berupa logam tak dapat terhindarkan. Dengan kata lain, semua komponen tadi akan rusak karena saling bergesekan.

"Oli yang sudah bercampur air akan kehilangan fungsi pelumasannya, dan jika dibiarkan tentu saja lama kelamaan pasti merusak komponen di dalam mesin," jelas Brahma.

Oli mesin yang sudah tercampur dengan air nyatanya bisa menimbulkan endapan yang mengakibatkan terpampatnya saluran oli. Jika demikian adanya, mesin akan mengalami kerusakan parah.

Baca Juga: Pakai Oli Mesin Motor Manual di Motor Matic, Gimana Nih Gengs?

"Kalau sudah seperti ini, harus turun mesin. Setelah itu, endapan oli bisa dibuang dan mengganti komponen yang rusak," tegas dia.

Tidak hanya itu saja, sifat asam dari air juga dirasa sangat berbahaya untuk bagian internal mesin. Disebut Brahma, korosi pada komponen mesin bisa terjadi akibat adanya air.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini