Menakjubkan, Sepeda Motor Matic Pertama di Indonesia Ternyata Produk Honda Tahun 1962

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 06:32 WIB
Ilustrasi penampilan skutik pertama di Indonesia produk dari Honda (Sumber : youtube.com/ENGGAL MODIFIED)

Ilustrasi penampilan skutik pertama di Indonesia produk dari Honda (Sumber : youtube.com/ENGGAL MODIFIED)

LABVIRAL.COM - Saat ini sudah begitu banyak sepeda motor matic yang beredar di Indonesia. Pabrikan-pabrikan motor juga bersaing begitu ketat dalam produksi di segmen matic.

Tapi, apa kamu tau sepeda motor matic pertama di Indonesia itu? 

Sepeda motor dengan transmisi automatic ini mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2002. Namun, sebenarnya motor matic pertama ini sudah ada sejak tahun 1962.

Baca Juga: QJ Motor Immortal 150, Pesaing Berat Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio Di Segmen Skutik Retro!

Motor ini adalah produksi Jepang dan bisa dibilang sangat langka. Desain yang diberikan juga masih sederhana dan menyerupai sepeda. Sistem pembakaran dan untuk menyalakan mesinnya begitu unik, sangat berbeda dengan motor matic yang saat ini sering kamu jumpai.

Motor matic pertama di Indonesia ternyata adalah motor yang diproduksi oleh Honda. Skutik ini memiliki bagian stang kiri yang dilengkapi dengan choke berwarna hitam, fungsinya adalah membantu menyemburkan bahan bakar ke karburator.

Baca Juga: 5 Penyebab Kenapa Mesin Motor Tersendat Saat Digas, Biar Gak Panik!

Cara menghidupkan skutik ini sangatlah aneh, yaitu dengan cara menurunkan tuas yang ada pada bagian belakang di dekat roda. Lalu, kamu harus menginjak pedal untuk menyalakan mesinnya. Setelah mesin menyala, kamu baru bisa mulai menarik gas untuk mengendarainya.

Motor matic ini mulai terkena saat memenangkan lomba pada 20 desember tahun 2020 dalam acara Classic and Custom Show Sunride East Java. Di Songgon Pine Park, Banyuwangi, Jawa Timur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini