Cara Mudah Ganti Aki Mobil Sendiri, Praktis Tanpa Ribet

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

LabViral.com - Aki adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan, baik roda dua ataupun roda empat. Namun ada kalanya, karena beberapa masalah atau karena faktor usia, aki mobil tak bisa lagi digunakan. Lantas, apa yang mesti dilakukan?

Jika tidak dalam kondisi mendesak, pemilik mobil bisa membawanya ke toko aki atau bengkel untuk menggantinya. Namun jika kondisi mendesak dan kebetulan punya aki cadangan, mengganti aki mobil sendiri tentu bisa dicoba.

Jika masih takut salah langkah atau risiko tersengat aliran listrik, berikut panduan mudah nan praktis ganti aki mobil sendiri yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Persiapkan kunci yang dibutuhkan

Hal ini diperlukan untuk melepas klem terminal baik yang negatif (berwarna hitam) maupun yang positif (berwarna merah). Lepas dahulu klem negatif agar tidak terjadi korsleting aliran listrik. Setelah itu, baru lepas klem positif.

2. Angkat secara perlahan

Setelah klem terlepas, Kamu bisa mengangkat aki dari dudukannya secara perlahan dan hati-hati. Jika ada kerak yang menempel, bisa dibersihkan dengan air panas dan sikat lalu dikeringkan dengan benar.

Baca Juga: Perbedaan Aki Konvensional dan Maintenance Free, Mana yang Lebih Baik?

3. Siapkan Aki baru yang akan dipasang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini