Begini Cara Mengganti Lampu Utama Motor, Asal-asalan Bisa Meleleh!

Andi Syafriadi
Senin 27 Maret 2023, 06:29 WIB
Ilustrasi lampu utama sepeda motor (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi lampu utama sepeda motor (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Lampu pada sepeda motor merupakan salah satu komponen penting dan harus selalu ada pada setiap sepeda motor.

Saat ini hampir semua pabrikan sepeda motor membiarkan lampu utama pada motor agar menyala setiap saat. Hal ini berdasarkan peraturan undang-undang bahwa sepeda motor wajib menyalakan lampu utama di siang hari.

Karena demikian, tak jarang pabrikan yang mengganti lampu utama motor yang awalnya bohlam pijar diganti dengan LED. Karena lampu LED lebih panjang usia pakainya, lebih terang dan lebih irit.

Namun, bagi pengguna sepeda motor yang masih menggunakan lampu jenis bohlam ternyata bisa mengganti lampunya dengan lampu LED atau HID juga loh.

Baca Juga: Boncengan Motor Juga Ada Ketentuannya Loh Gaes!

Kamu bisa mengganti lampu motor kamu dengan produk aftermarket.Hanya saja, harus sesuai dengan kemampuan daya listrik motor. Pastikan lampu yang akan digunakan memiliki watt yang sama dengan lampu sebelumnya.

Watt yang terlalu kecil mengakibatkan lampu cepat mati, karena arus yang diberikan terlalu besar. Sedangkan lampu dengan watt yang terlalu besar justru bisa merusak mika reflektor karena panas yang dihasilkan terlalu berlebih.

Baca Juga: Kompresi Mesin Motor Bocor, 5 Tanda dan Penyebabnya

Selanjutnya, kamu harus memilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan. Saat mengganti lampu motor, sebaiknya kamu pikirkan terlebih dahulu lampu apa yang akan digunakan. Jika motor digunakan untuk aktivitas harian, sebenarnya kamu cukup menggunakan lampu bohlam saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini