Begini Cara Merawat Lampu LED Sepeda Motor dengan Cara Ini Supaya Awet

Yowan R
Senin 27 Maret 2023, 13:49 WIB
Ilustrasi lampu utama sepeda motor yang redup (Sumber : pixabay.com)

Ilustrasi lampu utama sepeda motor yang redup (Sumber : pixabay.com)

LABVIRAL.COM - Kebanyakan sepeda motor keluaran terbaru, sudah dibekali dengan lampu utama atau headlamp dengan model LED. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan masa pakai lampu.

Karena, sebagian produsen motor sudah menggunakan fitur automatic headlamp on (AHO), yang membuat lampu utama motor akan otomatis menyala saat mesin motor dihidupkan.

Adanya fitur AHO ini juga merujuk pada Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Undang-undang tersebut mengatur bahwa headlamp harus dinyalakan oleh pengendara sepeda motor, baik pada siang maupun sore dan malam hari.

Agar pengendara tidak lupa menyalakan lampu utama sepeda motornya, akhirnya pabrikan memberikan solusi dengan fitu AHO tersebut.

Baca Juga: Lampu LED vs Lampu Halogen

Tapi, lampu LED ini juga tidak berbeda dengan jenis lampu lain seperti halogen yang juga memiliki usia pakai. Hanya saja, lampu LED memiliki usia pakai yang jauh lebih lama.

Karena itu, lampu LED juga membutuhkan perawatan agar lebih awet lagi. Jika masih bingung bagai mana cara merawat lampu LED, simak tipsnya dibawah ini.

1. Periksa mika lampu secara berkala

Mika lampu motor perlu dicek secara berkala, agar bisa terdeteksi apakah mika lampu dalam kondisi baik atau sudah retak. Karena, mika yang retak atau pecah bisa membuat air mudah masuk ke bagian dalam lampu sehingga bisa memicu terjadinya korsleting listrik atau arus pendek yang mengakibatkan lampu mati.

Baca Juga: Tips Bikin Mika Lampu yang Kusam Jadi Bening Lagi!

2. Periksa kondisi seal batok lampu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini