Nggak Perlu Panik Lagi Saat Melintasi Rel Kereta dengan Sepeda Motor, Begini Tipsnya!

Yowan R
Senin 27 Maret 2023, 14:08 WIB
Ilustrasi pengendara motor yang menunggu kereta api selesai melintasi jalur (Sumber : instagram.com/beritamatraman)

Ilustrasi pengendara motor yang menunggu kereta api selesai melintasi jalur (Sumber : instagram.com/beritamatraman)

LABVIRAL.COM - Sebagian pengendara sepeda motor memiliki rasa takut saat melewati perlintasan rel kereta api. Pasalanya, sering kali terjadi kecelakaan para pengendara motor saat melewati rel kereta tersebut. Padahal kecelakaan tersebut biasanya disebabkan oleh hal-hal sepele loh.

Baca Juga: Tips Aman Riding Malam Hari

Agar para pengendara motor tak perlu takut lagi saat melintasi rel kereta api, simak tips yang sudah Rodansia.com rangkum ini.

1. Tunggu hingga aman

Saat melewati perlintasan kereta api yang tak berpalang pintu, sebaiknya berhenti sejenak dan melihat ke arah kanan dan kiri sebelum melewatinya. Dengan cara tersebut, pengendara motor bisa mengetahui apakah ada kereta yang akan lewat atau tidak. Jadi kamu tidak perlu lagi terburu-buru dan menancap gas yang bisa mengakibatkan ban selip.

2. Jangan gugup

Bagi pengendara motor yang hendak melewati perlintasan kereta api ini pastikan untuk santai dan tetap waspada.

3. Jangan berebut

Jika perlintasan kereta api sedang ramai, pastikan untuk melintasi rel kereta api tanpa harus berhenti di tengah rel. Karena kita tidak pernah tahu kapan kereta akan lewat.

4. Kuasai motor yang dikendarai

Hal terpenting lain agar tidak terjadi kecelakaan saat melewati perlintasan kereta api adalah menguasai motor yang dikendarai secara penuh. Karena tak jarang aspal atu permukaan jalan di sekitar rel kereta api tidak mulus. Jadi pengendara harus mampu mengendalikan motornya agar selamat.

Baca Juga: Hindari 4 Hal Ini Saat Berkendara Malam Hari, Wajib Hati-hati!

5. Jangan terlalu dekat dengan rel kereta api

Ketika menghadapi perlintasan kereta api yang tidak berpalang pintu, usahakan ambil jarak aman sebelum melewati perlintasan kereta. Karena kecepatan kereta api yang melintas bisa menimbulkan sapuan angin yang bisa menerpa pengendara motor.

6. Jangan berada di depan palang pintu

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini