Penting Banget, Begini Cara Mengetahui Berapa Ampere Aki Mobil dari Kode

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 15:01 WIB
Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

LabViral.com - Aki adalah bagian penting dari sebuah mobil sebagai sumber kelistrikan utama. Aki berfungsi untuk menyimpan serta menyalurkan energi listrik ke berbagai sistem atau perangkat kelistrikan di mobil. 

Namun masih banyak pemilik yang tidak ngeh betapa pentingnya memahami berapa ampere daya aki mobilnya. Daya listrik yang dihasilkan aki tersebut terlalu kecil, maka membuat mobil tidak bekerja optimal. Begitu juga kalau daya listrik aki terlalu besar, berbahaya untuk sistem mobil.

Nah, untungnya sekarang sudah ada pemberian kode di setiap aki yang bisa diperhatikan sehingga Anda bisa mengetahui kapasitasnya. Untuk aki dengan kode JIS (Japanese Industrial Standard), ada dua cara pembacaan karena terdapat versi lama dan baru. Kode aki JIS biasanya terletak di bodi atas aki yang dekat dengan deretan tutup ventilasinya. 

Contoh kode aki JIS versi lama.

Kode aki JIS NZ35LS dapat dibaca dengan cara seperti ini: 

  • NZ: Versi aki lebih yang lebih kecil dengan pengurangan daya sekitar 20% 
  • 35: Daya utama aki tersebut
  • Z: Tambahan kapasitas aki sebesar 10% setelah sebelumnya dikurangi 20% pada versi NS 
  • L: Left, yang artinya adalah kepala aki/kutub negatif ada di sebelah kiri. Jika tanpa kode ini berarti lokasi pole ada di sebelah kanan 
  • S: Aki memiliki terminal besar (untuk ukuran NS)                                                                                                                                                             Baca Juga: Tak Diduga, Ini 4 Penyebab Rusaknya Aki Mobil

Contoh kode aki JIS versi terbaru.

Kode aki JIS 35B19LS dapat dibaca seperti ini:

  • 35: Kapasitas aki, yang memiliki arti kapasitas aktual aki sebesar 35 ah 
  • B: Kode aki, yang akan mempengaruhi ukuran lebar dan tinggi aki 
  • 19: Panjang aki, yang biasanya dalam satuan centimeter 
  • L: Posisi kepala aki / kutub negatif ada di sebelah kiri. Berbeda dari JIS versi lama, untuk aki yang memiliki pole sebelah kanan akan diberikan tanda huruf R.
  • S: Aki memiliki terminal besar

Ini adalah contoh untuk aki keluaran Jepang. Ada beberapa mobil Jepang yang sebenarnya memiliki kebutuhan ampere aki yang berbeda.

Sekarang sudah tahu bagaimana cara mengetahui berapa ampere aki mobil yang dimiliki, kan? Selain itu dengan betapa pentingnya aki di dalam sistem kerja mobil, sebaiknya sering-sering melakukan perawatan dan pengisian daya secara berkala.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Berapa Harga Aki Mobil?

Senin 27 Maret 2023, 05:03 WIB
Berapa Harga Aki Mobil?
Berita Terkini