5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 27 Maret 2023, 16:38 WIB
Selain oli mesin, keberadaan oli gardan pada kendaraan roda empat juga berperan penting mendukung performa mobil tetap prima.

Selain oli mesin, keberadaan oli gardan pada kendaraan roda empat juga berperan penting mendukung performa mobil tetap prima.

LABVIRAL.COM, Selain oli mesin, keberadaan oli gardan pada kendaraan roda empat juga berperan penting mendukung performa mobil tetap prima.

Oli gardan merupakan jenis oli untuk melumasi bagian box gardan terutama bagian kontak gigi. Lalu apa tanda oli gardan sudah harus diganti?

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Ganti Oli Gardan Motor Matic, Jangan Asal Pilih Oli!

1. Jarak tempuh 40.000 km 

Secara umum, oli gardan harus diganti setelah mobil menempuh jarak 40.000 km atau setara 2 tahun. Interval penggantian oli gardan sudah tertera pada buku panduan servis yang dianjurkan oleh pabrikan mobil.

2. Adanya getaran kencang 

Dikutip dari daihatsu.co.id, tanda oli gardan harus segera diganti adalah timbul getaran kencang pada bodi mobil. Getaran yang timbul akan mempengaruhi kendali mobil. Sehingga mobil sulit dikendalikan meski hanya melewati jalan yang lurus. 

3. Muncul suara bising 

Dampak oli gardan tidak diganti dalam kurun waktu yang lama, maka komponen gear akan mengalami gesekan. Hal tersebut menyebabkan kerusakan transmisi gear hingga menimbulkan suara bising pada kotak CVT mesin. 

Baca Juga: Gampang Kok, Begini Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic di Rumah

4. Roda mobil sulit dikendalikan

Oli gardan yang sudah tidak layak pakai, juga menimbulkan masalah pada bagian roda. Akibatnya perputaran roda menjadi terganggu, terutama saat mobil berbelok. Hal tersebut menyebabkan risiko kecelakaan menjadi lebih tinggi.

5. Mobil berjalan tidak stabil

Selain timbul suara bising, laju mobil juga tidak stabil. Biasanya mobil akan sering tersendat ketika digunakan. Hal tersebut terjadi karena adanya gesekan keras antar komponen mesin karena oli gardan encer.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini