Perhatikan Hal Ini Saat Ganti Oli Gardan Motor Matic, Jangan Asal Pilih Oli!

Yowan R
Sabtu 18 Maret 2023, 08:54 WIB
Ilustrasi ganti oli gardan motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi ganti oli gardan motor matic (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor matic, oli menjadi salah satu komponen penunjang mesin motor matic yang memiliki fungsi sangat penting dan wajib diganti secara rutin.

Oli yang digunakan pada motor matic berbeda dengan motor lainnya yang membutuhkan 1 jenis oli saja. Motor matic membutuhkan dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli transmisi atau lebih dikenal dengan oli gardan.

Fungsi oli gardan pada motor matic adalah melumasi komponen transmisi atau yang lebih dikenal dengan gearbox. Sehingga saat komponennya saling bergesekan, maka tidak ada komponen yang cepat rusak.

Baca Juga: Caranya Cari Oli Mesin Berkualitas, Gini Loh!

Jadi, penting sekali para pemilik motor matic untuk memperhatikan usia pakai dari oli gardan motor merekan dan rutin untuk menggantinya setiap 6.000 hingga 8.000 kilometer atau saat dua atau tiga kali penggantian oli mesin.

Tapi, tak jarang para pemilik sepeda motor matic yang merasa kebingungan untuk memilih oli gardan yang bagus saat mereka melakukan penggantian oli gardan motor matic mereka.

Untuk memilih oli gardan yang bagus tentunya harus melihat dari spesifikasi oli gardan yang terdapat pada bungkus atau botolnya.

Baca Juga: Servis Motor Sendiri di Rumah Gampang Kok, Begini Caranya!

Oli gardan yang bagus wajib memiliki tingkat oksidasi yang stabil, mampu menjaga suhu gear box saat bekerja agar tetap maksimal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini